Tuesday, June 11, 2013

Tips Mencegah Kebakaran di Rumah


Fire Alarm Kebakaran - Saat ini kita sering kali mendengar ada berita kebakaran di perumahan sekitar kita. Tentunya hal ini perlu diwaspadai, agar tak terulang lagi. Kita perlu melakukan tindakan pencegahan dan antisipasi kebakaran sangat penting diterapkan di rumah Anda, apalagi bagi anda anda memiliki anak-anak di rumah atau sering meninggalkan rumah dalam kosong.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg7ezfiKPtCUlOl6NLDqVsZnbYAW6CjCUol4kR1tJ3FRVjJ7qU39VhHLRZMSDDCu_fydPl4U76NB_-eOeJGbgPk7cHQBQWXo03ApGKQgnVayWk1Ycp-ghgrfGw8nBNMkNrAileJOmpBVDo/s1600/WASPADA+KEBAKARAN.jpg

Simak tips singkat agar kita terhindar dan mencegah kebakaran:

- Sebaiknya Jauhkan benda-benda yang berpotensi mudah terbakar seperti korek api, hairspray, obat nyamuk semprot, spray deodorant, dan sebagainya dari kompor atau tungku pemanas.
- Jauhkan benda yang mudah terbakar dan perkakas berbahaya di tempat tertutup yang sulit dijangkau anak-anak.

- Gunakan bahan plastik atau klem kabel untuk menempatkan kabel listrik di dinding atau tiang rumah dan hindari menggunakan paku atau staples.

- Hindari memasang stop kontak pada satu sirkuit listrik terlalu banyak. Karena bisa menyebabkan kelebihan beban pada titik tersebut.

- Jika ada sekring yang menyala atau sirkuit memercikkan api, segera matikan aliran listrik dan panggil teknisi ahli untuk memeriksanya.

- Jangan tempatkan kabel tambahan di bawah permadani atau karpet, karena material tersebut sangat mudah terbakar walau hanya sedikit percikan api.

- Tempatkan tabung gas di tempat yang memiliki sirkulasi udara. Bila anda baru masuk ke rumah dan mencium bau gas bocor, jangan menyalakan peralatan listrik apapun termasuk saklar lampu karena bisa memantik api di ruangan yang mungkin sudah dipenuhi oleh gas. Segera keluarkan tabung gas anda ke luar rumah dan buka lebar-lebar jendela dan pintu rumah agar gas yang terkumpul di ruangan bisa keluar.

- Setiap kamar di dalam rumah harus mempunyai sedikitnya dua jalan keluar; pintu dan jendela tanpa teralis. Jika kamar berada di lantai dua, pasang tangga lipat yang bisa diturunkan dari jendela.
Semoga tips singkat ini bermanfaat buat kita semua.

Info: Fire Alarm Kebakaran

No comments:

Post a Comment