Monday, November 16, 2015

Jenis Bahan Yang Dapat Memanfaatkan Vakum Sealer



Teknologi vakum sealer dapat dimanfaatkan oleh berbagai industri manufaktur. Industri manfaktur merupakan sebuah industri yang memanfaatkan teknologi mesin untuk menambah kapasitas produksinya dan dipadukan dengan tenaga manusia didalamnya. Teknik pengemasan ini dimanfaatkan dengan baik pada industri pengolahan bahan hayati, dimana bahan hayati memiliki banyak sifat khusus yang perlu untuk diperhatikan dan ditangani dengan seksama. Apabila hal- hal tersebut dengan sengaja maupun tidak sengaja terlewat atau diabaikan maka dapat dipastikan hasil produksi tidak akan mencapai harapan atau standarisasi yang ditentukan oleh pihak yang melakukan produksi, sehingga nilai ekonomis dan kualitas mutunya akan lebih rendah dari yang diharapkan oleh pihak pelaku industri maupun oleh konsumen.

Contoh bahan pangan yang dapat dikemas oleh teknik vakum sealer adalah bahan pertanian seperti buah - buahan dan sayuran, serta bahan peternakan dan perikanan seperti daging dan ikan segar. Bahan bahan tersebut selaku bahan hayati memerlukan perlakuan khusus pada pengemasannya guna mempertahankan kualitas bahan yang diproduksi sehingga ketika sampai di tangan konsumen kualitas makanan dapat tetap segar dan sehat. Kesegaran adalah salah satu faktor yang terus dipantau dan dijaga dalam bahan pangan, dikarenakan konsumen hanya tertarik dengan produk makanan segar. Untuk menjamin kesegaran makanan, produsen mencantumkan tanggal kadaluarsa untuk menginformasikan sampai kapan makanan itu  aman untuk di konsumsi.

Bahan pangan yang dikemas tidak dalam bentuk dan ukuran yang seragam. Maka dari itu bentuk kemasan disesuaikan dengan bahan. Teknik vakum sealer dapat menyamakan perlakuan kepada setiap bahan pangan dengan membatasi kontak bahan pangan dengan lingkungan luar. Hal ini dilakukan karena pada dasarnya bahan pangan punya dampak yang sama apabila terpapar langsung dengan lingkungan luar, dimana efeknya sering merugikan bagi semua pihak.

Pengemasan dengan cara vakum sealer memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya, dimana semua bahan pangan yang dikemas oleh teknik ini akan lebih tahan lama dengan kualitas yang terjaga. Selain itu banyaknya jenis barang yang dapat terkemas menjadi keuntungan tersendiri bagi siapa saja yang memanfaatkan teknologi ini. Selain itu dengan banyaknya variasi mesin yang tersedia memudahkan semua pihak yang ingin memanfaatkan teknik ini. Mesin yang ringkas dapat menjadi pilihan untuk pemakaian pribadi maupun untuk keperluan industri skala kecil. Sedangkan untuk mesin dengan ukuran besar dan jauh lebih kompleks dapa digunakan dalam industri skala besar, seperti pabrik pengolahan bahan pangan. Mesin yang tersedia juga dapat bekerja dengan efektif sehingga mempermudah cara pemakaian, sehingga dalam penggunaan pribadi pun tak akan masalah dalam hal prosedur penggunaan mesin. Demikian pula dalam industri besar, pihak pabrik tidak perlu melakukan pelatihan dengan jangka waktu lama.

No comments:

Post a Comment