Thursday, December 17, 2015

Keuntungan Menggunakan Mesin Bakso



Mesin Bakso - Bakso adalah makanan kaya protein berbahan dasar daging (atau bahan dasar lainnya) yang digiling kemudian dicetak bulat-bulat (bentuk pada umumnya adalah bulat) dan dapat diproses secara manual ataupun menggunakan mesin bakso. Terdapat banyak pedagang bakso yang anda dapat temui. Mulai dari pedagang kaki lima (gerobak keliling), ataupun pedagang bakso yang sudah memiliki cabang dimana-mana. Bentuk, jenis dan ukuran bakso sangatlah bervariasi, seperti bakso bulat, bakso ceper, bakso telur, bakso daging, bakso urat, dan masih banyak macam lainnya. Namun adanya mesin penggiling dan pencetak bakso mendatangkan keuntungan untuk para pedagang bakso. Berikut sekilas ulasan mengenai beberapa keuntungannya.



Adanya mesin bakso tentulah sangat membantu para pedagang bakso dalam memproduksi bakso jualannya. Terdapat banyak variasi mesin dengan spesifikasi dan fungsi yang berbeda-beda. Hal yang membedakan mesin-mesin tersebut diantaranya pertama ialah fungsinya, yaitu ada mesin penggiling bahan dasar bakso dan ada juga mesin pencetak bakso. Kedua yaitu kecepatannya, maksudnya ialah banyaknya butiran bakso yang dapat diproduksi per menit atau per jam oleh mesin pencetak bakso. Kemudian kapasitas, yaitu banyaknya bahan dasar bakso (dalam kg) yang dapat ditampung mesin itu dalam satu kali proses. Dan harga nya, karena harga nya sangat bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Dan masih banyak lagi spesifikasi-spesifikasi yang membedakan mesin-mesin tersebut.

Fine Cutter, Meat Mixer, Meat Grinder, ataupun Meat Mincer adalah contoh mesin penggiling bakso yang dapat anda gunakan. Pada umumnya mesin-mesin ini memiliki fungsi yang sama yaitu mencampur adonan bahan dasar bakso termasuk daging atau bahan lainnya. Kelebihannya ialah adonan akan tercampur merata. Selain bakso anda juga dapat menggunakan mesin ini untuk membuat makanan yang membutuhkan penggilingan seperti sosis. Kapasitas mesin penggiling ini pun beragam, mulai dari 3 kg sampai 300 kg dalam sekali proses nya. Selain kapasitas, harga dan dayanya pun turut membedakan Mesin Bakso ini. Semakin besar kapasitasnya, semakin besar dayanya (watt) semakin mahal juga harganya.

Untuk mesin pencetak bakso, anda perlu merogoh kocek lebih dalam. Harga mesin pencetak bakso ini berkisar antara 10-60 juta rupiah. Hal yang membedakan mesin-mesin ini adalah diantaranya jenis bakso yang dihasilkan. Ada mesin yang bisa menghasilkan hanya bakso dalam bentuk bulat saja, ada juga yang bisa menghasilkan bakso bentuk ceper, ataupun bakso isi. Selain itu, hal lain yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih mesin bakso ini adalah kecepatannya. Pada umumnya mesin pencetak bakso ini dapat memproduksi 180-280 bakso per menitnya. Kedua mesin ini pada intinya dapat membantu anda dalam produksi bakso yang cepat dan efisien, dari segi waktu maupun kualitas.

No comments:

Post a Comment