Sunday, May 29, 2016

Tips Membuat Bakso Ikan dan Kuahnya Lezat



Nikmatnya Bakso Ikan dan Cara Membuatnya

Secara pribadi saya amat menyukai bakso ikan karena rasanya yang lembut karena memang daging ikan sangat lembut, tidak nyangkut digigi. saat dikunyah terasa kenyal, empuk, lezat, yang pasti enak rasanya. Jadi buat saya yang paling enak ya bakso ikan. Kelezatan bakso ikan dibuat dari bahan dengan komposisi yang tepat serta dengan bantuan mesin bakso yang canggih. Mesin bakso dapat memudahkan pembuatan bakso hingga proses pencetakan bakso dan direbus hingga menjadi bakso yang siap untuk dikonsumsi.

bakso ikan


Setiap orang absolut senang makan bakso, namun bosan menggunakan bakso daging sapi yg umumnya. Ingin mencoba resep kuliner bakso yang spesial  menggunakan citarasa uang unik dan  kandungan gizi yang komplit? Jikalau iya, ini saatnya kita akan mencoba resep menghasilkan bakso ikan kuah atau jua mampu diklaim fish ball. Apalagi saat ini harga daging sapi lokal yg tidak menentu serta cenderung terus naik tinggi. Saatnya kita mencari alternatif bahan dasar lain buat membentuk hidangan kegemaran famili ini. Buat ikan yang dipergunakan buat menghasilkan resep bakso ikan ini bisa diadaptasi sesuai selera, seperti ikan tengiri, ikan lele, ikan kakap, ikan tuna atau jenis lainnya. Cara membuat bakso ikan kuah ini cukup simpel dan  mirip sekali dengan resep menghasilkan bakso daging yg sudah pernah kita berikan sebelumnya. Selain pentol bakso ikannya, kuah bakso resep ini juga enak, segar dan  sedap cita rasanya lho.

Resep bakso memang merupakan galat satu masakan yang poly digemari oleh warga  indonesia. Hampir pada semua daerah menggunakan praktis kita temui penjual bakso yang enak serta enak. Tapi memang pada umumnya yg dijual tadi ialah bakso daging sapi dengan kuah bakso yang sedap serta segar. Nah buat itu kali ini kita akan membuat resep bakso ikan dengan kuah yg beda dari resep yang umumnya. Cara membuat bakso ikan ini relatif praktis serta lebih simpel daripada resep bakso sapi umumnya. Selain ikan, kita jua bisa dengan praktis membuat resep bakso ayam yg insya allah akan kita berikan di postingan berikutnya.

Cara membentuk bakso atau fish ball memang tidak semudah membuat resep kuliner indonesia lainnya. Ada beberapa saran spesifik yang harus diperhatikan supaya resep bakso ikan kuah yg kita untuk nanti hasilnya tepat dan  rasanya lezat dan  lezat. Yang paling primer tentu bahan utama resep bakso ikan yg dipergunakan wajib  sahih-benar ikan segar serta kualitasnya baik. Hampir semua daging ikan yang berwarna putih, speerti ikan patin, ikan kerapu, ikan tengiri, ikan tuna bahkan ikan lele pun bisa dengan mudah kita proses sebagai bakso ikan yg lezat dan  lezat. Yang paling penting daging ikan tadi harus segar dan  memiliki tekstur yg elastis  dan  tak lembek agar bakso ikan kuah yg kita bikin nanti hasilnya jua sebagai kenyal serta nikmat disantap. Satu lagi yg paling penting ialah daging ikan yang dipergunakan wajib  benar-benar higienis asal duri ikan.

Selain ikan menjadi bahan primer pada resep masakan ikan ini, tepung sagu atau tepung tapioka yang digunakan wajib  benar-sahih higienis dari kotoran. Tepung yang digunakan wajib  disaring terlebih dahulu hingga halus. Karena resep bakso ikan ini sangat sensitif menggunakan suhu, buat itu ikan yang digunakan wajib  pada kondisi dingin. Selain itu kita nanti tak menggunakan air buat menghasilkan campuran resep bakso asal bahan ikan ini. Menjadi gantinya es yg diserut agar suhu adonannya tetap terjaga. Buat menjaga kekenyalan pentol baksonya, sehabis bakso matang sebaiknya ditiriskan saja serta jangan terlalu lama   direbus supaya tekstur nya tetap kenyal serta empuk.

Bahan-bahan Bakso Ikan Tengiri atau Ikan Lele

  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3-4 siung saja. Kupas kulitnya sebelum digunakan.
  • Es serut sedikit saja untuk campuran memblender bahan bakso ikannya.
  • Tepung sagu atau tepung tapioka kurang lebih sebanyak 2,5 sendok sampai 3 sendok makan. Sebaiknya menggunakan 2 sendok makan dahulu baru nanti ditambahkan kalau terlalu lembek.
  • Bahan utama yang dibutuhkan adalah ikan tengiri yang sudah bersih dari duri dan kulitnya kurang lebih sebanyak 500 gram.
  • Telur ayam yang diambil putih telurnya saja 2 butir. Dinginkan dahulu di kulkas sebelum dicampur dengan bahan lain.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Merica bubuk atau halus kalau suka sedikit saja.
  • Gula pasir secukupnya sesuai selera (kurang lebih 1-2 sendok makan peres).
  • Air bersih secukupnya.


Proses Membuat Bakso Ikan

  • Langkah pertama masukkan ikan tengiri, kakap, tuna atau lainnya ke dalam blender bersama dengan putih telur, bawang putih, garam dapur beryodium, gula pasir dan es serut sedikit saja. Haluskan semua bahan tersebut sampai benar-benar halus.
  • Siapkan satu wadah dan tuang hasil blenderan ikan diatas.
  • Tuang tepung sagu atau tepung tapiokanya sambil diaduk-aduk dan diuleni searah jarum jam dan sedikit digilas seperti mencuci baju sampai semua bahan tercampur rata (kurang lebih selama 5 menit).
  • Tepung sagu atau tapioka bisa ditambahkan sedikit saja apabila dirasa masih terlalu lembek.
  • Siapkan panci dan rebus air bersih secukupnya sampai mendidih kemudian matikan apinya.
  • Bentuk adonan bakso diatas di genggaman tangan dan tekan sampai membentuk bulatan bakso.
  • Ambil adonan pentol bakso diatas dengan sendok makan dan masukkan ke dalam air panas di dalam panci. Ulangi sampai adonan pentl bakso ikannya habis.
  • Rebus kembali bakso diatas dengan api sedang kecil sampai pentol bakso ikannya mengambang dan matang.
  • Setelah matang segera angkat dari panci, tiriskan dang dinginkan.


Bahan dan Proses Membuat Kuah Bakso Ikan

  • Bahan utama yang dibutuhkan adalah tulang sapi atau dan tetelan sapi kurang lebih sebanyak 1/2 kg saja.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 12 siung. Kupas kulit bawangnya lalu cincang sampai halus untuk ditumis nantinya.
  • Kaldu sapi instan untuk menambah aroma dan rasa kurang lebih sebanyak 1 bungkus saja.
  • Merica halus kalau suka secukupnya sesuai selera.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  • Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 liter.


    Proses Membuatnya :

  • Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya.
  • Masukkan tetelan dan tilang sapinya dan rebus sampai empuk atau kurang lebih selama 60 menit. Selama proses pemasakan buang kotoran yang mungkin menempel dan buih airnya yang naik keatas.
  • Setelah itu siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menumis.
  • Masukkan bawang putih yang sudah dicincang halus dan tumis sampai tercium bau harum kemudian matikan.
  • Masukkan tumisan bawang putih diatas bersama dengan kaldu sapi, garam dapur beryodium dan merica bubuk ke dalam panci berisi kuah kaldunya.
  • Aduk-aduk supaya semua bahan tercampur rata sampai mendidih kemudian matikan apinya


Terselesaikan sudah cara membentuk bakso ikan dan  kuahnya. Sahabat-sahabat tinggal menghidangkannya bersama menggunakan bahan pelengkap lain, seperti mie kuning, bihun, bawang goreng, irisan daun seledri serta lainnya. Walaupun sederhana, tetapi citarasa dan  tekstur resep bakso ikan tengiri kerapu atau lele yang kita buat permanen kenyal dan  lezat bukan. Yang paling penting kebersihan dan  kualitas pentol yang kita untuk terjaga serta aman asal bahan-bahan berbahaya yang tidak baik buat kesehatan kita. Selain disantap beserta menggunakan kuah, pentol bakso diatas pula bisa dirancang bakso goreng yang lezat lho atau disimpan pada freezer buat bahan tambahan menghasilkan sop, capcay atau masakan lainnya. Resep membuat bakso diatas pula bisa digunakan menggunakan bahan udang, cumi ataupun ayam. 

No comments:

Post a Comment