Friday, August 19, 2016

Kenali Jenis-jenis License Produk dari Microsoft



Software dari Microsoft menjadi salah satu produk yang umumnya digunakan oleh setiap orang yang berhubungan dengan dunia IT. Terutama untuk perusahaan dan perkantoran yang sering menggunakan software OS Windows dan juga Microsoft Office. 

Microsoft juga menghadirkan produk baru mereka yaitu Office 365 yang bisa digunakan untuk personal dan juga untuk bisnis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing penggunanya.

Nah semua produk-produk ini memiliki license yang berbeda dan tentunya digunakan untuk kebutuhan pemakainya. Berikut jenis license Microsoft yang perlu kamu ketahui agar tidak salah pilih:

jenis License Microsoft 

1. OEM (Original Equipment Manufacturer)
 Software dengan kode lisensi OEM ini bisanya hanya ada pada perangkat komputer seperti PC, Laptop atau Server. Software tersebut hanya bisa atau melekat pada perangkat tersebut. Dan License OEM pada perangkat akan menjadi tidak berlaku atau valid jika memakai software atau hardware merek lain, contohnya pada motherboard.

2. OLP (Open License Program)
License dengan kode ini jika dilihat dari segi harga memang lebih mahal dari versi OEM karena software ini sifatnya independence alias berdiri sendiri dan dan tidak tergantung pada hardware yang digunakan. Dengan versli ini, pengguna memiliki keuntungan untuk menginstallnya di beberapa perangkat sekaligus. License ini cocok digunakan untuk perusahaan atau sekolah karena dengan satu jenis software atau hardware bisa di install sekaligus pada PC dan tentunya akan bisa menekan biaya pengeluaran alias hemat biaya. 

3. FPP (Full Packet Product)
Lisensi model FPP ini bentuknya berupa paket. Dalam sebuah paket bisa terdiri dari CD instalasi, buku manual dan termasuk juga license. Perbedaaanya dengan versi OEM adalah software ini dapat dipakai atau dialihkan ke tempat lain misalnya si pemilik berganti kepada perangkat lain. Dari segi harga, biaya yang ditebus lebih mahal dari versi license OEM.
 
4. Open License
Open License ini terdiri dari dua tipe yaitu Open Business dan Open Volume. Untuk Model Open Business lebih cocok dan efektif apabila digunakan untuk perusahaan kecil menengah kebawah dengan pemesanan minimal 5 unit. Sementara itu, model Open Volume cocok unuk perusahan besar karena pembeliannya berkisar 500 unit. Dengan pembelian yang lebih banyak tentu harga lebih sedikit murah dari versi Open Business.

5. OLP Charity
OLP Charity ini adalah license khusus untuk organisasi non profit yang menggunakan software original dari Microsoft. Harganya tentu lebih murah karena Microsoft juga mendukung program charity, namun tentunya harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu untuk bisa mendapatkannya.

Itulah beberapa jenis license Microsoft yang mungkin bisa menambah pengetahuan kamu. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu menggunakan produk Microsoft original.

No comments:

Post a Comment