Tuesday, December 17, 2019

Bika Ambon Berasal Dari Medan Bukan Dari Ambon Ternyata


Bika Ambon Berasal Dari

Bika ambon berasal dari kota medan, memang aneh kedengarannya sebab tidak sesuai namanya karena ada kata Ambon. biar begitu kue ini memikiki cita rasa yang enak, kenyal dan harum berbau sereh buat rasa originalnya. namun kini kudapan manis ini harumnya sudah divariasikan terdapat yang harum pandan serta terdapat juga yang harum vanilla serta rasa lainya.



Bika Ambon kue berwarna kuning yg pipih, permukaannya nampak seperti pori-pori kulit manusia, serta bagian bawahnya keras, residu berasal tempaan panas di dasar loyang. Bingka Ambon ini biasa disajikan pada potongan persegi. kue Bika Ambon memiliki cita rasa gurih tercampur menggunakan sensasi elastis pada pengecap. Aroma harum pandan menyengat.

Mendengar nama kue Bingka Ambon, mungkin pertanyaan yang acapkali terlintas di benak Anda artinya mengapa nama serta dari makanan tersebut berbeda kontras sekali. Meski menyandang nama Ambon, kudapan manis ini tidak dari berasal Ambon, suatu propinsi di bagian timur Indonesia, tetapi justru dari berasal Medan, ibu kota Sumatera Utara. Bingka Ambon pada kenal sebagai salah satu kuliner warisan nusantara menjadi kuliner khas Medan, Sumatera Utara.

History Of Bika Ambon
Nama Bika diambil asal kudapan manis khas Melayu yaitu Bika atau Bingka yg lalu adinan kue tadi dimodifikasi dengan menambahkan pengembang berasal bahan Nira atau tuak Enau agar dan sebagai tidak sama berasal kudapan manis Bika atau Bingka khas Melayu tersebut. kudapan manis ini nampaknya mulai beradaptasi mengikuti laju zamannya. kini , Bika Ambon tidak lagi hanya berwarna kuning, namun aneka macam varian warna sudah dapat ditemukan sinkron cita rasanya. kini Bika dibuat dalam rasa pandan, tetapi terdapat juga yang mengembangkannya pada varian rasa lain, seperti, durian, keju, cokelat.

Kawasan kota Medan yang banyak penjual Bika Ambon adalah daerah Jalan Majapahit. tempat Jalan Majapahit tersebut sangat ramai menjual kue ini sejak 1980-an serta sebagai sentra penjualan Bika Ambon di Medan. pada 1970-an, Bingka Ambon selalu dihidangkan menjadi camilan menikmati es krim.

Nama kudapan manis ini memang unik. Meski ada kata Ambon di namanya, namun bukan berarti kue Bika Ambon dari dari ibukota Provinsi Maluku tersebut. Kehadiran Bingka Ambon yang tidak sinkron nama serta lokasi dari menuai banyak kontroversi. Bika Ambon yg memang sangat nikmat ini lalu menjadi sangat populer pada Medan serta menjadi fenomenal sampai poly cerita tentang berasal muasal Bika Ambon.

Resep Membuat Kue Bika Ambon


Bahan yang digunakan:
  • 200 ml air kelapa yg di ambil dari kelapa segar.
  • 11 gr ragi instant buat pengembang.
  • 1 sendok mungil atau 1 sdt vanili.
  • 1 sendok mungil atau 1 sendok teh garam dapur.
  • Bahan primer yg wajib disiapkan adalah 300 gr Tepung Sagu serta 100 gr tepung terigu yang biasa dipergunakan untuk membentuk roti, yaitu yang memiliki kadar protein sedang. buat merek nya, tergantung kesukaan.
  • 600 mililiter Santan. Lebih baik dipergunakan santan orisinil yg diambil dari buah kelapa yang tua. pakai yang santan kentalnya saja agar hasilnya lebih gurih.
  • 15 butir besar sampai 18 buah kecil telur ayam. pisahkan putih telurnya dan ambil kuning telurnya saja.
  • 450 gram gula pasir putih. Jangan menggunakan gula pasir kuning yg berwarna relatif gelap, sebab hasilnya nanti akan tercium aroma tebu.

Proses Membuatnya:
  • Ambil satu wadah yang ukurannya sedang. Campurkan 100 gram tepung terigu dan ragi instan. kocok sampai kedua bahan tadi tercampur dengan tepat.
  • Tuang bertahap 200 mililiter air kelapa segar ke pada campuran yg pertama, sambil tetap di kocok pelan pelan. Pastikan ketiga bahan tersebut tercampur serta tidak ada gumpalan tepung. diamkan sementara waktu atau kurang lebih 14-16 mnt sembari mempersiapkan bahan yg lain.
  • Ambil wadah lagi yg ukurannya lebih akbar. masukkan 400 gram gula pasir, 1 sendok garam serta vanili. Campur homogen semua bahan tersebut memakai spatula. Keempat, masukkan satu persatu sambil pada campurkan dan kocok 15 butir telur ayam ke dalam wadah ke 2. mixer hingga seluruh bahan tercampur dengan tepat.
  • Kemudian ambil adonan bahan di wadah pertama yang sudah didiamkan selama kurang lebih 15 mnt. Campurkan ke campuran di wadah ke 2. kocok hingga homogen serta masukkan 300 gr tepung sagu sedikit demi sedikit sembari tetap diaduk.
  • Ambil 600 ml santan kental nya, masukkan sedikit demi sedkit de pada campuran sembari permanen di aduk. Harap diperhatikan proses pengadukan dan pencampurannya supaya seluruh bahan bahan di atas bisa menyatu menggunakan sempurna.
  • Buat memastikan semua bahan tercmapur, saring campuran tersebut memakai saringan dapur.
  • Pisahkan selama sekitar dua jam supaya akibat jadi kue Bika Ambonnya nanti membesar serta keluar bentuk sarang tawonnya.
  • Rebus oven terlebih dahulu.
  • Ambil loyang atau cetakan yang lain serta olesi minyak sedikit buat menghindari kuenya lengket ke loyangnya.
  • Masukkan semua campuran terakhir yg telah pada saring diatas ke pada cetakannya. buat akibat tepat, yang wajib diperhatikan ialah campuran tadi tidak perlu diaduk balik . cukup tuangkan ke pada loyang.
  • Setelah dirasa panggang telah relatif panas, masukkan loyang ke dalamnya. gunakan api sedang dan pintu panggang biarkan terbuka sedikit. Hanya buat menyalurkan hawa panas yang ada pada dalamnya. kalau pintu terlalu terbuka lebar, dikhawatirkan proses pemasakan Bika Ambon Medan lebih lama dan hasilnya tidak sempurna.
  • Panggang kudapan manis ini menggunakan api sedang lebih kurang 7-13 mnt hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dan abaikan sebentar hingga dingin.
  • Keluarkan berasal cetakan, sajikan. Bika Ambon pun siap buat dinikmati.

Demikian pembahasannya perihal kudapan manis bika ambon berasal berasal mana. Tentunya berasal kota medan, walau namanya ada istilah Ambon namun Sumbernya bukan berasal ambon. Semoga bermanfaat dan menambah khasana wawasan kuliner Nusantara anda.

No comments:

Post a Comment