Tuesday, February 23, 2010

Step Mengecek Sound yang Benar

Dalam melakukan check sound alat band maka semua suara secara umum dilakukan stemming (penyetelan suara), yang biasanya dimulai dari suara Bass. Kemudian dilanjutkan dengan Lead Vocal (baik lead 1, 2 atau 3 tergantung jumlah lead) dan terakhir pengiring

Suara Bass memiliki
• frekuensi suara yang rendah, amplitudo (lebar gelombang) yang lebar. Oleh karena itu dalam mixer dibutuhkan level low lebih besar dari pada highnya. Sementara middle dipatok ½ level saja atau lebih sedikit. Gain pada bass biasanya dibuat maksimal sama atau sedikit dibawah lead (satu strip dibawah lead). Kalau suara bass juga membutuhkan suara tinggi lainnya maka level high boleh dibesarkan sedikit, namun tetap dibawah level low pada mixer.

Suara Lead, biasanya
• pada laki-laki menggunakan suara tenor. Lead harus memiliki power yang lebih menonjol dari pada yang lain. Lead memiliki frekuensi suara yang tinggi, amplitudo yang lebih sempit dari bass atau pengiring, agar penyampaian nasyid bisa maksimal. Oleh karena itu level high lebih tinggi dari lainnya. Low dipatok ½ atau lebih satu strip dari posisi ½ pada mixer. Middle agak lebih tinggi sedikit dari lownya. Namun harus diperhatikan gain dan balance dari Lead. Jangan sampai suara lead jadi tidak bersih, kurang atau bahkan terlalu tajam, atau seperti orang bernyanyi di dalam ember (bergema, tersendat, tertutup dan kurang lepas). Gain suara lead minimal sama dengan bass atau malah lebih.

Suara
• pengiring biasanya terdiri dari 4 macam: tenor liris, tenor dinamis, tenor harmonis dan baritone. Suara laki-laki untuk pengiring sangat jarang menggunakan suara alto, karena suara ini untuk wanita. Secara umum ketiga tenor ini sama setelannya: Gain lebih rendah sedikit dari lead (maksimal satu strip dibawah Lead). High bisa sama dengan lead; khusus untuk tenor dinamis setelan high lebih tinggi sedikit dari pada high pada lead. Untuk level lainnya relatif sama dengan suara lead. Pada suara bariton sedikit berbeda: High sama dengan lead, low lebih tinggi sedikit tapi tetap dibawah bass, middle dipatok sama dengan lead dan pengiring lainnya.

Setelah semua suara melakukan check sound
alat band maka dilakukan balancing terhadap semua suara agar hasil akhir maksimal. Check sound yang baik akan menghasil suara yang harmonis dimana semua level frekuensi suara terisi (baik bass, bariton, dan tenor).


annjateng.multiply.com

No comments:

Post a Comment