Thursday, April 16, 2015

Merubah Sampah Kemasan Makanan Ringan Menadi Barang Seni



Kemasan makan ringan – Snack, chiki ataupun itu namanya adalah salah satu jenis makanan yang di sukai hampir setiap kalangan baik itu anak kecil, remaja,dewasa hingga orang tua..hanya saja tak semua snack bisa di kategorikan sebagai makanan ringan lho. Snack sendiri mempunyai rasa dan bentuk yang berbeda satu sama lain tetapi intinya rasa yang di makan tetap enak tapi tak mengenyangkan jika di makan dalam porsi yang banyak, oleh sebab itu banyak yang bilang jika snack di kategorikan sebagai makanan ringan paling bersahabat. Snack memang merupakan salah satu jenis cemilan yang enak dan murah, tetapi tahukah anda bahwasanya yang namanya kemasan makanan ringan tersebut sangat tak bersahabat dengan lingkungan?


Bisa dibilang bahwasanya kemasan makanan ringan snack / chiki merupakan kemasan yang paling sulit di uraikan secara alamiah, padahal bisa dibilang bungkus kemasan makanan ringan ini jauh lebih banyak di hasilkan perharinya ketimbang bungkusan makanan berat seperti box nasi. Bahan yang di gunakan pada kemasan snack ini biasanya adalah Alu Voil / Full Foil hingga nylon, bahan-bahan tersebut sudah di teliti secara biologis dan di dapat di buktikan. Namun ada solusi cerdas bagi anda yang doyan ngemil snack atau yang mempunyai anak-anak doyan jajan snack di rumah, anda bisa mengkreasikan bungkus snack yang anda buang menjadi barang-barang yang berguna..nah dengan begini tak akan mencemari lingkungan sekitar anda toh. Oke berikut ini sedikit kerajinan tangan yang bisa kita hasilkan setelah mengubah kemasan makanan ringan menjadi salah satu yang berguna
Alat yang dibutuhkan

Gunting, sedotan bekas, double tape, salotip, bungkus makanan ringan, kertas, lem uhu/lem tembak.
Cara mengerjakannya :


1.Ukur selebar 4 cm kertas pembungkus makanan ringan, panjang disesuaikan dengan tebalnya helai bunga, dilipat menjadi dua, bagian bawah di beri daubel tape.

2.Potong arah lebarnya dengan lebar 3mm jangan sampai putus.
3.Buka double tapenya dan lingkarkan kertas tadi mengelilingi sedotan . Jika dirasa kurang mekar, bisa membuat lembaran lainnya yang dilingkarkan lagi.
4. Sesudahnya diberi daun dari kertas dan disusun di vas yang terbuat dari botol plastik bekas.


Sederhana bukan? Anda bisa mencobanya sendiri dirumah dengan mengumpulkan sedikit demi sedikit limbang Kemasan makan ringan yang tak terpakai lalu di kreasikan seperti hasil karya seni di atas.
Oke semoga berguna

No comments:

Post a Comment