Tuesday, November 3, 2015

Mesin Bakso Untuk Mencetak Bakso



mesin bakso

Seberapa sering anda mengkonsumsi bakso setiap minggunya? Apakah seminggu sekali? Atau lebih dari itu? Bakso merupakan salah satu makanan yang sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia. Ada ribuan penjual bakso yang ada di Indonesia. Dari banyak penjual bakso tersebut, ada yang menggunakan mesin bakso untuk mengolah bakso mereka dan ada yang masih menggunakan cara manual untuk memproduksi bakso mereka. Biasanya, pedagang bakso keliling lah yang masih menggunakan cara manual untuk membuat bakso mereka. Sedangkan untuk mereka yang sudah memiliki usaha yang cukup besar seperti rumah makan yang menjual bakso atau yang memproduksi bakso kemasan, maka mereka menggunakan mesin khusus untuk mendapatkan bakso yang berkualitas dengan waktu pembuatan yang lebih cepat dan jumlah yang dihasilkan juga lebih banyak.

Untuk mesin bakso sendiri sebenarnya ada banyak sekali macamnya. Macam-macam mesin tersebut dibedakan berdasarkan fungsi kerjanya. Ada mesin yang khusus di desain untuk mencincang daging, ada mesin yang khusus digunakan untuk menggiling daging, mencamur adonan, dan mencetak bakso. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahasa mengenai mesin yang digunakan untuk mencetak bakso. Mesin ini memegang peranan yang cukup penting karena ukuran bakso yang sama tentu saja menjadi sesuatu yang diharapkan oleh penjual dan juga pembeli bakso. Cara kerja dari mesin pencetak bakso ini pun pada dasarnya cukup mudah.

Pertama-tama, anda terlebih dahulu menyiapkan adonan bakso yang hendak dicetak. Adonan bakso biasanya terbuat dari tepung kanji, gilingan daging dan bumbu-bumbu penyedap. Anda bisa mengolah adonan secara manual atau dengan mesin khusus yang ada. Untuk rasio adonan daging biasanya yang mendominasi tetaplah dagingnya. Minimum, anda perlu menggunakan rasio daging:kanji sebanyak 70:30 untuk mendapatkan bakso yang berkualitas serta rasa yang enak. Jika  anda sudah menyiapkan adonan tersebut, anda tinggal memasukkan adonan tersebut ke dalam  mesin bakso yang berfungsi penvetak pentolan bakso. Setiap mesin pencetak bakso memiliki prinsip  kerja yang sama, hanya kapasitasnya dan hasilnya saja yang berbeda.

Untuk mesin berukran kecil, kapasitas adonan untuk satu kali proses pencetakan adalah sekitar dua  kilo gram. Ada juga mesin besar yang bisa menampung lebih dari tujuh kilogram adonan bakso.  Setiap mesin pencetak bakso juga memiliki kemampuan yang berbeda untuk mencetak ukuran bakso. Kemampuan tersebut diantaranya:

  • Ukuran terkecil bakso yang bisa dicetak di mesin pencetak bakso berukuran kecil adalah bakso dengan diameter 17mm.
  • Untuk mesin bakso yang berukuran besar, diameter bakso yang dicetak bisa mencapai 45 mm

Harga mesin pencetak bakso ini pun bervariasi di pasaran. Harganya mulai dari 10 juta rupiah hingga lebih dari 50 juta rupiah tergantung kapasitas mesin dan kemampuannya dalam mencetak bakso

No comments:

Post a Comment