Tuesday, March 1, 2016

Spotify Pindah Dari Amazon Cloud ke Google Cloud

Spotify, layanan music streaming online ternama di dunia ini mengumumkan kepindahan tentang layanan penyimpanan awan atau cloud yang digunakannya. Seperti kita ketahui sebelumnya, Spotify menggandeng Amazon Cloud Service sebagai partner dalam urusan cloud computing, dan akhirnya perusahaan tersebut memutuskan berpindah ke layanan yang disediakan Google Cloud. Di Tanah Air, perusahaan IT juga sedang gencar untuk menggunakan layanan cloud hosting Indonesia.

 

Pindahnya layanan cloud ini disebabkan karena masih merasa kurangnya kualitas yang diberikan oleh layanan sebelumnya, sehingga memutuskan untuk berpindah ke Google Cloud Platform.

Sebenarnya, tawaran untuk layanan komputasi awan atau cloud computing ini juga dari persuahaan lain dengan kualitas, kinerja tinggi dan biaya yang rendah.

Spotify juga memaparkan bahwa perusahaannya akan memindahkan infrastruktur komputasi inti atau dan data dari pusat data mereka sendiri ke Google Cloud Platform.

Tercaat sudah 250 ribu pengguna dari 75 juta akun pengguna layanan music mereka sudah dipindahkan Spotify. Pemindahan untuk pengguna lainnya akan dilakukan secara bertahap dan akan memakan waktu sekitar satu setengah tahun.

Untuk kerjasama dengan Amazon, Spotify rencananya masoh tetap menggunakan layanan Amazon Simple Storage Service untuk menyimpan data musik. Kedepannya, layanan konten musik juga akan tetap menggunakan layanan SAmazon CloudFront.

No comments:

Post a Comment