Thursday, October 6, 2016

Membuat Bakso Lebih Kenyal Dengan Gelatin



Membuat Bakso Dengan Mesin Bakso


Oke sesuai judul, kali ini saya akan coba membahas bagaimana cara membuat bakso yang kenyal dengan menggunakan Gelatin. Tapi sebelum kedalam pembahasan lebih jauh, ada baiknya sedikit saja ulas mengenai gelatin. Apa itu Gelatin dan apa manfaatnya? Tentunya pertanyaan itu sering kali muncul oleh kalangan awam. Gelatin sendiri adalah salah satu bahan yang sering di gunakan dalam makanan. Gelatin juga kerap di pakai dalam industri farmasi, kosmetik dan teknikal. 


Gelatin berasal dari zat kimiawi padat yang terdapat pada Hewan, Gelatin sendiri di golongkan kedalam 2 bagian. Ada Gelatin yang Halal terbuat dari sapi, kambing atau ikan, adapula yang non halal berasal dari bagian tubuh hewan seperti Babi.

Gelatin sendiri terbuat dari bahan-bahan dasar seperti Kolagen yang terdapat pada kulit hewan, oleh karenanya sifat dan wujudnya cukup kenyal. Gelatin bernilai gizi tinggi lho, mengandung kira-kira 84 – 86 % protein, 8 – 12 % air dan 2 – 4 % mineral. Dari 10 asam amino essensial yang dibutuhkan tubuh, gelatin mengandung 9 asam amino essensial, satu asam amino essensial yang hampir tidak terkandung dalam gelatin yaitu triptofan. 

Oleh karena nya membuat bakso gelatin di percaya akan dapat membuat tekstur bakso jadi lebih kenyal dan enak. Selanjutnya kita akan coba membahas bagaimana cara membuat bakso pentol dengan gelatin sapi. Oke di simak resepnya terlebih dahulu
Bahan:
  • 500 gram daging ayam tanpa tulang setengah beku atau dingin
  • 1 telur utuh ukuran besar
  • 1/2 sdt galatine
  • 1sdt baking powder
  • 5 sdm munjung kanji atau tapioca
  • 1/2 sdt garam halus
  • 5 siung bawang putih ukuran besar haluskan
  • 1 sdt lada bubuk
  • 2 liter air mendidih untuk merebus bakso
Cara pembuatan
  1. Blender halus daging ayam.
  2. Campur semua bahan jadi satu dalam wadah uleni sampai rata beneran.
  3. Bulatkan bakso kemudian masukkan dalam air mendidih tadi, untuk membulatkan bakso anda bisa menggunakan mesin pencetak bakso agar pengerjaan jadi lebih mudah dan cepat
  4. Lakukan pencetakan sampai adonan dagingnya habis kemudian masak sampai mengapung.
Sederhana bukan? Jika anda ingin menggunakan teknik ini dengan bahan-bahan yang sudah saya sebutkan. Anda harus mengerti takaran dan cara pengolahan yang tepat sebelum memulai, karena hal tersebut akan sangat berpengaruh dengan hasil yang akan anda dapatkan.

No comments:

Post a Comment