Monday, May 1, 2017

Perhatikan Ketika Memanggang Dengan Oven Kue Listrik

Memanggang Dengan Oven Kue Hal Yang Perlu Diperhatikan

Memanggang roti dan kue menggunakan oven kue listrik tentu adalah hal yang mudah. Karena segala sesuatunya sudah dimudahkan dengan berbagai vitur digital yang ada pada oven tersebut. Anda tinggal menyalakan oven lalu mengatur waktu pemanggangan saja dan roti atau kue akan segera matang. 


Walau demikian jangan lupa bahwa ada hal penting yang perlu anda perhatikan dalam proses memanggang karena hal tersebut akan mempengaruhi hasil penggangan kue atau roti yang anda buat. Apasaja yang perlu anda perhatikan ?, Simak berikut ini:

Memanaskan Oven Sebelum Digunakan
Sama seperti mesin mobil atau motor, oven listrik pula perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum dipakai, hal itu bertujuan buat memastikan suhu panas di dalamnya merata. Umumnya usang yg dibutuhkan sekitar 10 sampai 15 mnt sebelum mencapai suhu yang sempurna. Bila ingin lebih seksama, gunakanlah pengukur suhu panggang. Namun anda juga wajib  lebih pandai  karena petunjuk suhu asal panggang terkadang tak sesuai menggunakan di dalamnya. Pemanasan sampai mencapai suhu sempurna ini jua membantu kue lebih mudah mengembang dan  tidak bantat.

Buat panggang listrik digital, biasanya dilengkapi menggunakan pengatur api atas bawah, suhu yg diinginkan serta lama   memanggang. Perhitungkan saat memanaskan. Tekan tombol start serta atur saat sinkron yang diinginkan.

Panggang pada posisi tengah
Jenis makanan memilih posisi pemanggangan pada pada panggang. Terdapat jenis makanan yang perlu diletakkan di rak atas, tengah, atau bawah panggang buat mencapai tingkat kematangan yg pas.

Hidangan yg wajib  renyah serta kecokelatan umumnya diletakkan pada rak atas mirip lasagna atau makaroni schotel. Sementara bolu, kudapan manis kemarau, serta kudapan manis lainnya mampu diletakkan di rak tengah kecuali resep mengharuskan tidak selaras. Rak panggang paling bawah biasanya diisi dengan roti serta pizza.

Pemanggangan pada tengah sangat disarankan karena memungkinkan seluruh bagian kue matang tepat. Ini terkait aliran panas yg lebih merata.

Jangan Buka dan Tutup Oven
Membuka tutup panggang sangat tidak disarankan karena bisa membentuk temperatur oven tidak stabil. Hal ini berpotensi sebabkan ketika memanggang lebih lama atau kudapan manis yg dihasilkan bantat. Pastikan pintu oven tertutup kedap selama proses pemanggangan berlangsung.


Tips Memanggang Roti

Dua aturan krusial pada proses pemanggangan:
  • Suhu panggang
  • Waktu pemanggangan
Suhu dan  ketika pemanggangan dipengaruhi berasal percobaan serta tergantung berasal jenis roti yang dipanggang.

Peraturan lama serta waktu pemanggangan:
  • Penetapan suhu panggang
  • Range suhu panggang buat mendapatkan volume roti yang optimal serta rona kulit roti yang cantik ialah 220-260 derajat celcius.
  • Ukuran roti —> semakin besar  berukuran roti, semakin lama   waktu pemanggangan
  • Gula dan  susu bubuk —> semakin tinggi prosentase gula dan  susu serbuk pada resep, semakin rendah suhu pemanggangan/oven.
  • Lemak –> semakin tinggi lemak dalam resep/formulasi, akan memperlambat gelatinisasi pati, jadi ketika pemanggangan semakin lama   dengan suhu lebih rendah.
  • Kepadatan/sifat campuran
  • Sifat campuran ini berafiliasi dengan banyaknya cairan dalam campuran. Makin poly air maka saat pemanggangan akan lebih lama  .
  • Jenis kulit roti yang diinginkan
  • Makin usang saat pemanggangan akan makin banyak air yg teruapkan dan  makin renyah kulit roti yang terbentuk. Kulit roti yang renyah (crispy) dibentuk dengan menyemprotkan uap air (steam) sebelum serta selama baking.
Demikian pembahasannya hal yang perlu diperhatikan dalam memanggang dengan oven kue listrik semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.
  •  

No comments:

Post a Comment