Tuesday, April 3, 2018

Jual Mesin Cup Sealer Otomatis Bekas Pada Toko Mesin Bekas


Jual Mesin Cup Sealer Otomatis Bekas

Jual mesin cup sealer otomatis bekas - mesin cup sealer otomatis paling banyak dicari oleh pebisnis minuman franchise. Penggunaan mesin tersebut yang otomatis dan mudah membuat bisnis minuman gelas kemasan berkembang pesat. 



Demi meningkatkan pelayanan dan meningkatkan jumlah produksi minuman cup gelas plastik. Orang berani membeli mesin cup sealer otomatis, karena keuntungan yang didapat pun sebanding dengan biaya modal yang di keluarkan. Tak heran toko mesin bekas jual mesin cup sealer otomatis bekas dengan harga lebih murah 20-30% dari harga mesin barunya namun tergantung dari kondisinya.

Dari segi harga memang lebih murah namun tidak jarang pebisnis dan pengusaha partai besar membelinya dengan memilih secara teliti mesin cup sealer otomatis bekas tersebut. So…, itu adalah hal yang wajar pembeli atau pengusaha sebelum membeli mesin. Memang harus meneliti terlebih dahulu mesin bekas yang ingin dibeli. hal tersebut dilakukan karena pengusaha tidak ingin mengalami problem pada mesin tersebut saat digunakan dan kerugian pada usahanya.


Tips Sebelum Membeli Cup Sealer Bekas

Elemen Pemanas Cup Sealer
Menurut cara kerjanya mesin cup sealer dibagi menjadi dua; manual dan otomatis. Semua jenis mesin ini pasti memiliki elemen pemanas karena proses penyegelan (sealing) di lakukan dengan cara memanaskan roll film pada gelas plastik. Apabila anda berniat membeli cup sealer manual bekas, mengecek elemen pemanas adalah bagian terpenting. Kami sering melihat kerusakan umum cup sealer jenis ini adalah heating elementnya tidak mau panas, tidak mau nempel atau justru terlalu panas.

Cara mengecek elemen pemanas ini mudah. Cup sealer yang bagus bisa di pakai setelah warming up sekitar 3-5 menit dengan set temperature 170C. Kemudian cobalah untuk menyegel cup dengan menarik tuas dan tahan selama 2-3 detik. Jika hasil press cup plastik benar-benar rapat berarti ia masih bagus. Namun jika terlihat hasil segelan menjadi lengket kemungkinan heating elemenya terlalu panas karena kerusakan bagian temperatur kontrol. Andai tidak nempel, temperaturenya mungkin terlalu rendah.

Apa Cup Sealer bekas otomatis tidak perlu proses pengecekan ini? Ia juga butuh. Namun ia tidak berhenti sampai disitu. Masih ada beberapa hal yang perlu di lihat, salah satunya adalah photo sensor.

Photo Sensor Pada Mesin Cup Sealer Otomatis
Bagian ini tidak ada pada mesin cup sealer manual karena ia memakai tuas. Pada mesin press gelas plastik bekas otomatis, photo sensor menjadi part yang penting untuk di cek apa masih berfungsi normal. Kegunaaan photo sensor pada cup sealer otomatis adalah untuk memastikan jika roll film tepat tersegel sempurna pada lid gelas plastik. Apabila photo sensor ini mengalami error maka label tidak akan tepat terpasang. Bahkan ada juga yang rollernya mengalami macet, roll plastik tidak berputar. Hal ini juga sering terjadi pada mesin cup sealer besar GD series bekas baik yang 2 line, 4 line atau 8 line.

Perhatikan Nest Insert atau Konveyor
Nest insert (tray) adalah tempat untuk meletakan gelas plastik pada mesin press gelas plastik. Bagian ini sering terkena tumpahan cairan. Ada kemungkinan menjadi sedikit berkarat dan susah untuk di dorong maju mundur. Mesin cup sealer bekas yang bagus bagian insert nestnya akan terawat, bearing masih bagus karena sering diberi pelumas oleh pemilik, bagian modulnya tidak ada bercak karat.

Pada mesin cup sealer GD series, nest insert ini di ganti dengan konveyor. Yang harus anda ketahui juga adalah jenis usaha anda apa. Anda hendak menjual minuman kemasan ukuran gelas Aqua kecil 120ml atau butuh cup sealer 240ml untuk berjualan es jus, cappucino cincau, pop ice dan bubble tea. Mungkin juga anda ingin memakai cup sealer untuk mengemas puding. Ini semua menentukan pemilihan nest insert.

Dan kelemahan dari semua cup sealer adalah mereka hanya mampu menyegel satu jenis ukuran gelas plastik saja. Mesin cup sealer dengan konveyor 12Oz tidak bisa di gunakan untuk menyegel gelas 14Oz. Jadi kalau mau menutup gelas plastik dengan ukuran bervariasi anda harus memiliki mesin cup sealer yang bermacam-macam juga. Mungkin hal ini terdengar ribet dan tidak efisien. Oleh karena itu benar-benar yakinkan jenis usaha anda dulu, jangan jadi pengusaha yang mudah galau.

Spesifikasi Cup Sealer
Mengetahui spesifikasi ini penting. Bukan hanya untuk cup sealer bekas namun juga cup sealer baru. Spesikasi ini berkaitan dengan kuantitas produksi mesin dalam hitungan jam. Mesin cup sealer besar untuk industri AMDK seperti GD series mampu mengemas dalam jumlah ribuan dalam satu jam. Sealing speed cup sealer 2 line bekas yang masih bagus pasti diatas 1500 gelas/jam. Bahkan ada yang mampu mencapai 2500 cup. Sementara cup sealer 4 line bekas setidaknya harus mampu mencapai 3000 cup per jam. Bila sealing speed ini tidak tercapai, jangan beli mesin tersebut karena kemungkinan besar sudah waktunya dipensiunkan.

Merk Cup Sealer
Harga bekas smartphone Samsung atau Iphone cenderung lebih mahal daripada Sony atau LG meski harga barunya sama. Merk produk yang populer sebetulnya tidak mesti identik dengan kualitas bagus. Namun hal ini menentukan harga jual produk tersebut pada kondisi second. Cup sealer Getra, Eton d6 / d8, Yammamoto atau Zeppelin adalah jenis mesin press gelas plastik yang laris di pasaran. Harga bekas cup sealer Eton d6 atau d8 akan lebih mahal daripada harga cup sealer bekas lokal yang kurang punya nama meski harga barunya tidak jauh. Oleh sebab itu jangan terlalu terpaku pada merk atau tren. Kalau berniat membeli mesin cup sealer bekas sebaiknya perhatikan kriteria-kriteria diatas.

Harga Cup Sealer Bekas
Seperti kami sebut di awal. Ini adalah alasan fundamental kenapa orang membeli cup sealer bekas. Dan penentuan harga mesin cup sealer bekas sangat subjektif tergantung kedekatan atau kesepakatan anda dengan penjual serta kota mana anda melakukan transaksi tersebut. Jika beruntung anda bisa mendapatkan cup sealer bekas 8 line kondisi 90% di bawah 100 juta. Atau bisa jadi anda mendapatkanya dengan nol rupiah siapa pernah tahu?.

Kota tempat transaksi cup sealer bekas juga menentukan. Harga cup sealer bekas di Jakarta atau Bandung kemungkinan besar lebih murah dari pada kota lebih kecil seperti Purwokerto, Jember atau Kediri karena faktor distribusi barang.

Namun sebaiknya anda menentukan harga cup sealer bekas berdasar pada kualitas dan kriteria 4 poin awal di atas. Kalau mau gampang ambil saja pengurangan harga 20-30% dari harga umum cup sealer baru di tempat transaksi. Semisal di Tasikmalaya, harga cup sealer baru adalah 5 juta. Anda bertemu dengan penjualnya dan mendapati kondisi cup sealer bekas tersebut masih 80%. Maka harga paling masuk akal yang bisa disepakati adalah 3,5-4 juta. Presentase ini bisa naik lagi tergantung kondisi. Dan penentuan hal ini akan sangat sulit jika anda membeli online. Anda tidak bisa mengeceknya secara langsung. Satu-satunya fasilitas yang bisa dipakai untuk mengatasi hambatan ini adalah foto dan video via WA.

Tempat Membeli Cup Sealer
Beberapa orang tertarik membeli cup sealer bekas secara online karena lebih praktis, informasi yang di dapat lebih cepat dan harga online dianggap lebih murah dari harga offline. Di beberapa forum jual beli seperti OLX banyak penjual yang menawarkan cup sealer bekas. Tapi ini memiliki resiko, cup sealer yang anda pesan tidak pernah sampai tujuan. Oleh karena itu pihak OLX selalu mengingatkan lebih baik Cod saja. Pilihan lebih baik sebetulnya anda bisa membeli cup sealer bekas di Kaskus sebab tersedia fasilitas rekber meski keamanan rekber sempat dipertanyakan saat kasus penggelapan Blackpanda. Dan ingat, ongkos kirim cup sealer manual yang mencapai 12Kg bisa jadi lebih mahal dari harga cup sealer sendiri. Intinya perbandingan ongkir dengan kualitas cup sealer bekas yang didapatkan jadi kurang sepadan. Melihat ongkir semahal itu, membeli cup sealer baru yang terjamin keawetanya adalah pilihan terbaik.


Pertimbangan Membeli Mesin Cup Sealer



Merk
Sebagian besar cup sealer yang ada di indonesia merupakan merk China seperti Powerpack, Eton, Getra, GEA dll. Kini China tidak hanya dikenal dengan produk berharga murah dan kualitas buruk, sedemikian majunya, China mampu membuat produk mulai kualitas biasa saja sampai dengan yang paling bagus, kalau anda tahu Apple, perusahaan gadget kelas atas juga mempunyai pabrik di China. Selain itu, di pasaran masih ada beberapa merk cup sealer buatan Taiwan, bahkan juga ada buatan asli bengkel anak negeri dengan kualitas yang juga teruji. Rata-rata pelat baja di seluruh bagian mesin membuatnya semakin kokoh dan stabil.

Dana
Bila dana menjadi kendala maka mesin bekas atau second bisa jadi pilihan karena harga lebih murah. Namun patut diwaspadai bahwa kondisi mesin bekas sangat beragam. Ada yang masih baik namun lebih banyak yang sudah jelek. Sehingga anda harus memiliki ketelitian dan memahami masalah teknis mengenai mesin yang anda beli. Selisih harga cup sealer bekas dan baru bisa lumayan besar, namun jika salah memilih anda justru akan menderita kerugian lebih besar lagi karena harus menanggung biaya perbaikan, pada akhirnya beli mesin bekas tidak selalu identik dengan biaya atau harga murah.

Namun demikian, kami mengetahui seseorang yang hendak mendirikan pabrik air minum dalam kemasan dengan membeli mesin bekas yang sudah rusak, setelah dibeli mesin rusak itu diperbaiki sendiri. Selisih harga dengan membeli mesin baru mencapai puluhan juta, sangat lumayan bukan? Namun jika anda adalah pengusaha yang tidak faham persoalan teknis mesin, sebaiknya ambil mesin baru karena sudah ada garansi andai terjadi kerusakan akan ditangani oleh ahlinya. Dengan mesin baru anda bisa fokus menjalankan usaha dan memaksimalkan keuntungan. Ketika usaha sudah berjalan, selisih biaya untuk pembelian mesin baru tidak akan ada artinya karena akan tertutup dengan keuntungan usaha.

Dimensi cup
Gelas plastik kemasan minuman merupakan faktor penting dalam berjualan, seberapa besar ukuran cup yang ingin anda pakai? Bagaimana bentuknya? Ukuran yang paling sering dipakai untuk para pengusaha UKM adalah ukuran gelas aqua dengan diameter antara 7 hingga 9cm dengan kapasitas 12,14,16,18,20,22 dan 24 OZ. Jika anda ingin tampil beda, menarik perhatian pelanggan dengan menggunakan ukuran atau mungkin bentuk cup yang unik, pastikan alat yang anda beli bisa dipakai dengan kemasan tersebut.

Sealing Material
Ini adalah tipe plastik kemasan yang digunakan untuk menyegel. Pastikan mesin yang anda beli mampu menyegel kemasan yang anda inginkan dengan melihat pada temperature range controlnya:

    PE (Polyethylene) mempunyai temperatur sealing antara 170ºC-190ºC/338ºF-374ºF
    PP (Polypropylene) mempunyai temperatur sealing antara 170ºC-210ºC/338ºF-392ºF
    PS (Polystyrene) mempunyai temperatur sealing antara 180ºC-190ºC/356ºF-374ºF
    PET (Polyester) mempunyai temperatur sealing antara 160ºC-200ºC/320ºF-392ºF
    Film mempunyai temperatur sealing antara 120ºC-180ºC /248ºF-356ºF

Tujuan Penggunaan
Pertama untuk usaha kecil dan menengah seperti berjualan es atau jus buah, pop ice, smoothies, teh, kopi, coklat dll di warung makan, restoran, hingga kedai minuman rumahan. Usaha UKM bisa menggunakan alat tipe manual sederhana berkapasitas produksi kecil yang bisa dioperasikan tanpa listrik rumah, namun sebagai gantinya anda harus memakai tenaga aki yang dilengkapi dengan inverter DC ke AC. Pada beberapa tipe terdapat fitur digital counter yang berguna untuk menghitung jumlah penjualan. Harga mesin tipe ini cukup murah, dengan dana kurang dari 1 juta dapat mesin baru. Metode penyegelan tutup gelas yaitu secara manual menggunakan tuas dan model semi otomatis yang disegel oleh mesin itu sendiri. Model  kedua ini disebut tipe semi otomatis karena pengisian cairan masih manual, harganya bisa mencapai 6 jutaan.

Tujuan kedua yaitu untuk mendirikan pabrik minuman / AMDK (Air Minum Dalam Kemasan). Usaha ini membutuhkan mesin full otomatis dari pengisian cairan sampai penyegelan, dengan kapasitas produksi ribuan cup per jam. Mulai dari tipe GD Series 2 Line kapasitas produksi 1800 – 2000 cup per jam atau GD Series 4 Line berkapasitas produksi antara 3600 – 3800 cup per jam. Untuk kapasitas yang lebih besar lagi ada cup sealer otomatis 8 line dan 16 line. Investasi yang dibutuhkan untuk mendirikan pabrik AMDK ini memang tidak murah, dari ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Demikian pembahasannya tentang jual mesin cup sealer otomatis bekas semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

No comments:

Post a Comment