Wednesday, February 6, 2019

Bisnis Ibu Rumah Tangga Ada Berbagai Macam


Bisnis Ibu Rumah Tangga

Bisnis ibu rumah tangga bisa di bilang banyak sekali jenisnya. Ada berbagai bisnis yang bisa dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga. Tentunya bisa menghasilkan income yang dapat membantu penghasilan seorang suami dalam mencukupi kebutuhan rumah tangga. 

bisnis ibu rumah tangga

 Namun bila penghasilan seorang suami telah mencukupi. Penghasilan dari bisnis ibu rumah tangga tersebut dapat dijadikan sebagai dana simpanan atau tabungan seorang istri. Tak sedikit kaum wanita yang melepaskan pekerjaan atau kariernya karena memilih menjadi ibu rumah tangga di rumah. 

Keputusan itu seringkali lahir begitu si buah hati lahir. Menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya di rumah dan mendedikasikan waktu sepenuhnya mengurus rumah, anak dan melayani suami, bukan pekerjaan ringan. Banyak ibu rumah tangga yang mengeluhkan rasa bosan, lelah berkepanjangan, dan merasa kurang berdaya secara finansial. Walaupun suami sudah menutup kebutuhan finansial, kadangkala masih ada perasaan ingin produktif finansial secara mandiri.

Bila tidak tahu ingin menjalankan bisnis ibu rumah tangga yang seperti apa. Ada beberapa rekomendasi ide yang bisa anda pilih. Mungkin ide bisnis ibu rumah tangga di bawah ini cocok dengan keterampilan anda. Simak daftarnya di sini:

Makanan Kemasan
Ide bisnis rumahan ibu rumah tangga yang pertama sudah pasti tak jauh-jauh dari yang namanya memasak. Kenapa tidak membuka catering saja? Catering membutuhkan waktu memasak yang lebih lama sehingga pasti akan menyita waktumu. Cobalah untuk berbisnis makanan kemasan, seperti sambal kemasan, rendang kemasan, kue kering, keripik, atau aneka makanan beku.

Jual Pulsa Dan Token Listrik
Sebagian besar orang tentu merupakan pengguna gadget yang membutuhkan pulsa secara rutin, selain itu sudah banyak rumah yang menggunakan sistem pulsa listrik. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan situasi tersebut dengan menjual pulsa dan token listrik. Dua hal ini bisa menguntungkan Anda karena pulsa handphone dan token listrik merupakan hal yang dibutuhkan banyak orang secara rutin.

Bisnis Online
Bisnis yang satu ini sedang marak, karena cukup mudah dilakukan dan bisa dijalankan dari mana saja, termasuk di rumah. Anda bisa memulai usaha ini kecil-kecilan dengan beragam produk. Misalnya, berjualan baju anak, jasa dropshipper, produk-produk rumahan, maupun makanan-makanan yang susah didapatkan di beberapa daerah. Jika berkembang, lama-kelamaan Anda bisa mempekerjakan orang lain dan mengelolanya secara profesional.

Bisnis Ibu Rumah Tangga 2


Bisnis Aksesori Wanita
Sebagai bagian dari penampilan, perempuan selalu membutuhkan aksesoris. Saat ini, berjualan hijab bisa menjadi bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan. Dengan mengambil keuntungan sedikit, asalkan penjualan hijab Anda cukup banyak peminat, tentu banyak penghasilan yang didapat. Begitu juga dengan penjualan gelang, kalung, anting, maupun scarf. Anda bisa melakukannya dengan nyaman di rumah.

Katering Atau Warung Makan
Jika rumah Anda terletak di sekitar kampus, perkantoran, maupun permukiman yang padat penduduk, membuka usaha warung makan maupun katering merupakan bisnis ibu rumah tangga yang cukup menjanjikan, terutama jika Anda bisa membuat masakan yang beragam dan enak. Warung makan kecil - kecilan akan menarik pengunjung terutama di jam makan siang, apalagi jika warung Anda bersih.

Selain itu, Anda bisa mempromosikan jasa katering/bekal makanan untuk ke kantor melalui suami Anda. Jika sukses, tentu akan banyak pelanggan yang Anda miliki. Jangan lupa, pastikan peralatan makan dan masak yang Anda gunakan selalu bersih dengan menggunakan sabun pencuci piring Sunlight yang memiliki deretan produk terbaik untuk menjamin setiap peralatan makan dan masak Anda selalu bersih.

Jasa Menjahit
Menjahit adalah salah satu keahlian yang patut dimiliki oleh ibu rumah tangga. Dengan bermodalkan 1 mesin jahit serbaguna dan kursus menjahit, Anda bisa mengembangkan keahlian Anda dan bisa membuka jasa layanan menjahit sebagai ide bisnis untuk ibu rumah tangga. Tetangga-tetangga pun tidak perlu repot-repot pergi jauh untuk mencari penjahit ketika ingin mengganti resleting celana ataupun membetulkan pakaian yang robek.

Buka Warung
Meskipun telah banyak minimarket di hampir setiap area permukiman, toko kelontong atau warung tetap memiliki prospek yang bagus, terutama apabila lokasinya lebih mudah dijangkau. Mulailah dengan menjual barang sedikit-demi sedikit. Jika laris, tentu Anda bisa mengembangkan usaha dan menjual produk yang lebih beragam.

Jualan Jus
Meskipun berjualan jus sudah menjadi hal yang lumrah di permukiman, Anda bisa mencoba berjualan dengan konsep yang berbeda. Misalnya, jus tanpa gula buatan, dan Anda bisa memastikan kesegaran buah yang Anda gunakan. Selain itu, Anda bisa membuatkan jus untuk keluarga Anda dengan bahan-bahan yang pasti menyehatkan sebab Anda memilihnya sendiri.

Berjualan Kue
Berjualan kue akan menguntungkan jika Anda mampu memanfaatkan momentum. Anda bisa saja berjualan hanya di momen-momen tertentu, misalnya hari raya lebaran, natal, maupun imlek. Ide bisnis untuk ibu rumah tangga yang satu ini akan mengasyikkan bagi ibu yang hobi memasak. Hobi yang bisa menghasilkan uang menjadi suatu bonus, bukan?

Bisnis Aksesoris
Kalau kamu suka membuat kerajinan tangan, seperti aksesoris, keahlian ini jangan kamu sia-siakan. Membuat aksesoris ini tidak hanya terbatas pada aksesoris orang dewasa saja, tapi juga bisa aksesoris anak-anak, seperti headband atau bandana untuk anak perempuan.

Bisnis Tanaman Hias
Sekarang tanaman hias tak lagi dipajang di luar rumah, tapi juga di dalam rumah. Jadikan ini sebagai peluang bisnis untuk ibu rumah tangga jika kamu memiliki keahlian merawat tanaman. Selain tanaman hias, kamu juga bisa menjual tanaman hias jenis herbal yang bisa digunakan untuk keperluan dapur.

Penulis Lepas
Bisnis untuk ibu rumah tangga yang satu ini bisa dikerjakan di waktu luang, dan Anda tidak perlu masuk kantor untuk memenuhi deadline yang ditentukan. Bisnis/pekerjaan ini cocok bagi Anda yang suka menulis. Dengan maraknya media online saat ini, jasa penulis lepas menjadi cukup menjanjikan.

Bisnis Ibu Rumah Tangga 3


Menjual Barang Untuk Dekorasi Rumah
Suka mendekorasi rumah? Bagaimana jika kamu menjual barang-barang untuk dekorasi rumah seperti gorden, taplak meja, sarung bantal, penutup kulkas, sarung ricecooker, dan lain sebagainya. Agar lebih menarik, cobalah untuk melakukan dekorasi ruangan yang ada di rumah menggunakan barang daganganmu, lalu foto dan promosikan di sosial mediamu.

Bisnis Mainan Dan Perlengkapan Anak
Buat kamu yang sudah memiliki buah hati, membuka bisnis mainan dan perlengkapan anak bisa kamu pertimbangkan berhubung teman-temanmu juga pastinya sudah banyak yang memiliki anak sepertimu. Untuk mainan, cobalah untuk menjual mainan edukatif yang sedang jadi tren saat ini.

Menjadi Reseller Pakaian
Bisnis reseller pakaian memang menjadi bisnis ibu rumah tangga yang paling banyak digemari karena tidak membutuhkan modal yang banyak. Cukup berbekal handphone dan internet saja, kamu sudah bisa mendapatkan uang. Berhubung persaingan di bisnis ini sangat ketat, cobalah untuk menjual pakaian yang lebih spesifik. Misalkan pakaian khusus kantor, kebaya, gaun pesta, atau pakaian rumah.


Demikian pembahasannya tentang bisnis ibu rumah tangga yang berbagai macam jenisnya, yang dapat anda lakukan sebagai seorang ibu rumah tangga. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

No comments:

Post a Comment