Sunday, June 28, 2015

Cara Penggunaan Oven Kue Gas

Oven kue gas pada umumnya dipilih banyak orang karena penggunaannya yang hemat energi jadi dalam produksi kue atau roti anda bisa menghemat biaya, dengan begitu anda bisa memperbanyak omset produksi kue atau roti anda dengan perhitungan energi yang di pakai lalu anda dapat menjual kue atau roti dengan jumlah yang lebih banyak untuk meningkatkan penghasilan, tidak semua orang tau cara penggunannya berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara penggunaan oven gas tersebut Sebenarnya cara pakai oven gas sangatlah mudah meskipun pemula sekalipun. Ketakutan pertama mereka adalah penyalaan gas pada pipa pipa gas di bawah oven ataupun di atas. Berikut akan di ulas sekilas tentang cara menggunakan oven gas:





Cara Penggunaan
  • Pasang valve pada elbow (sambungan pipa api).
  • Pasang selang pada tiap-tiap valve.
  • Pasang kepala regulator pada tabung gas LPG.
  • Pasang kaki meja.
  • Sebelum menyalakan oven gas, ikuti petunjuk berikut :  – Tiap valve dibuka full (berlawanan arah jarum jam), gunanya agar aliran gas menyebar merata masuk ke setiap pipa-pipa oven, lakukan 10 detik, lalu tutup kembali valve gas ke posisi semula.
  • Untuk memastikan pipa api berfungsi, maka buka valve gas tidak terlalu full atau ± ½ putaran valve, gunakan pematik untuk menyalakan api atas terlebih dahulu, lalu berikutnya nyalakan api bawah (lihat no.6 pada gambar Tampak Depan).
  • Untuk mendapatkan hasil yang merata pada pipa api atas, nyalakan api satu persatu pada tiap pipa api dengan pematik (Oven Gas Model Standard : 6 pipa, model M40 : 4 pipa, model SP1 : 8 pipa), untuk api bawah hanya perlu menyalakan pematik satu kali saja pada satu pipa, selanjutnya menyalakan aliran gas akan mengalirkan api ke pipa yang lain dengan merata.

Cara Pengaturan Api Oven Kue Gas
  • Untuk mendapatkan suhu yang maksimal / sesuai dengan yang diinginkan, nyalakan api atas dan bawah pada oven. Contoh : Kue kering – Untuk kue kering biasanya suhu diperlukan 150ºC, untuk menyalakan api gunakan api atas dan api bawah hingga suhu 180ºC, jika sudah mencapai suhu 180ºC matikan api atas. Perhatikan suhu karena ketika adonan akan dimasukan untuk dipanggang, udara didalam oven akan keluar, sehingga mengakibatkan turunnya suhu ruangan pada oven menjadi dibawah 180ºC atau ± 160ºC.
  • Jika suhu terlalu panas, kecilkan api dengan cara memutar valve gas ke arah jarum jam, namun sebaliknya jika suhu kurang dari yang diinginkan, besarkan api dengan memutar valve gas ke arah sebaliknya.

Demikian cara penggunaan oven kue gas yang biasa banyak di pakai orang karena penggunaannya yang ekonomis sehingga bisa menghemat biaya produksi dan meningkatkan omset dagang pera pebisnis roti, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

No comments:

Post a Comment