Wednesday, October 24, 2012

Mengatasi Embun Dikaca Mobil Saat Hujan



Berkendara dalam keadaan hujan pastinya kaca mobil anda sering beruap atau berembun hal tersebut memang sangat mengganggu pandangan dalam menyetir mobil bagaimana cara menanganinya ?, simak tips berikut ini:

1. Gunakan shampo rambut
Bila kebetulan Anda tengah melintas ke jalan raya yang banyak warung kelontong belilah shampo rambut. Setelah itu oleskan sedikit cairan itu di kaca mobil bagian dalam, tetapi jangan dicampur air.
Kemudian lap kaca yang telah diolesi shampo itu dengan lap kanebo yang sedikit lembab. “Lap juga jangan berair yang penting lembab,” kata Firduas.
Cara mengelapnya juga harus searah, agar kaca tidak buram. Sebab, sapuan lap dua arah berkali-kali justeru akan meratakan busa shampo yang telah bercampur kotoran di kaca. Akibatnya kaca menjadi buram.
Cairan shampoo mengandung unsur kimia dengan PH tertentu dibuat untuk mengeringkan uap air. Pabrikan shampo meramu zat kimia itu agar pengguna shampo rambutnya tidak lembab sehingga mampu mempertahankan aroma shampo dan rambut terlihat mengkilap.
Zat kimia itulah yang dimanfaatkan untuk mengeringkan embun di kaca saat hujan
Satu hal yang perlu diingat, bila hujan telah reda dan cuaca kembali cerah segera bersihkan kaca mobil Anda dari shampo dengan menggunakan lap hingga bersih. Bila tidak segera dibersihkan bekas shampo itu akan mengikat debu atau kotoran lain yang terbawa angin yang masuk ke kabin mobil saat Anda membuka kaca.

2. Manfaatkan tembakau
Bila sedang melintas di jalan tol sehingga tidak mungkin membeli shampo di warung, maka gunakan tembakau rokok Anda atau tembakau lainnya. Tetapi, berbeda dengan shampo tembakau di bagian depan mobil.
Mungkin secara ilmiah sulit untuk menjelaskan khasiat tembakau dengan menghilangkan embun di kaca mobil, tetapi cara ini cukup mujarab.
Unsur nikotin yang ada di tembakau diyakini mampu menyerap embun yang ada di kaca. Satu hal yang juga harus diingat adalah, jangan usap terlalu keras taburan tembakau rokok karena dikhawatirkan ada campuran potongan cengkeh yang bisa menggores kaca.

3. Cairan anti kabut
Saat ini di toko perlengkapan mobil banyak dijual cairan anti kabut atau defogger. Cara untuk menggunakan zat ini juga cukup mudah karena kemasannya berupa semprotan dalam tabung.
Anda tinggal menyemprotnya ke kaca bagian dalam. Kemudian diamkan beberapa saat. Setelah itu lap dengan kain lembut yang kering dengan gerakkan searah beberapa kali. Tetapi jangan berlawanan karena justru membuat kaca buram

Demikian cara menanganinya soal embun dikaca mobil kala hujan semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda temukan info menarik tentang rental mobil tangerang



Temukan artikel terkait:   Tips Mengatasi Kipas Radiator Mobil Yang Mati

No comments:

Post a Comment