Tuesday, December 29, 2009

Rental Mobil Surabaya Jelang Liburan Ramai



Meski libur Natal dan Tahun Baru kurang sepuluh hari, permintaan sewa mobil di sejumlah usaha Rental Mobil Surabaya dan Sidoarjo, mengalami lonjakan. Bahkan, sebagian besar habis tersewa (full booked).

Salah satu pengusaha jasa rental mobil Surabaya Bintang Jaya, Bagus menuturkan, menjelang Natal dan Tahun Baru seperti sekarang permintaan sewa mobil naik hingga 100 persen lebih dibanding hari biasa.

Di tempatnya, dari total 10 unit kendaraan, 8 unit di antaranya sudah terpesan untuk pemakaian 24 Desember hingga 1 Januari mendatang. “Momen seperti Lebaran dan Tahun Baru memang membawa berkah bagi usaha rental mobil di Surabaya. Jika hari biasa rata-rata 4-5 mobil tersewa, akhir tahun bisa 9-10 unit. Karena itu, kami telah memesan ke teman jika masih ada permintaan,” papar Bagus, kemarin.

Diakuinya, rata-rata lama sewa yang diminati konsumen untuk paket beberapa hari yakni 4-8 hari dengan rute luar kota. Penyewa segmen keluarga masih mendominasi, di mana mereka rata-rata meminati jenis MPV. Ia memperkirakan permintaan sewa akan berlanjut hingga mendekati Natal.

Saat ini, Bagus menyediakan beberapa tipe mobil, di antaranya Toyota Avanza, Kijang Innova, Daihatsu Xenia, Suzuki APV, serta Isuzu Panther. Harga sewa dipatok Rp 300.000-450.000 per 24 jam.

Hal sama juga diakui pemilik rental mobil Berlian di Surabaya, Suyitno. Menurutnya, permintaan sewa mobil akan mengalami lonjakan ketika Natal dan Tahun Baru. Dari total 6 unit kendaraan, 4 unit di antaranya sudah terpesan. “Di tengah lesunya usaha persewaan mobil, kami bersyukur permintaan cenderung meningkat di akhir tahun,” ucap Suyitno.

Pada hari-hari biasa, rata-rata permintaan sewa mobil 2-3 unit. Jumlah itu biasanya mengalami kenaikan di akhir pekan yang rata-rata 4-5 unit. Dengan mulai adanya permintaan untuk libur akhir tahun, ia optimistis seluruh armadanya akan tersewa. Soal harga, Suyitno mengaku, menaikkan harga sewa Rp 50.000 per 24 jam per unit. “Kita menawarkan dengan cara paket, mulai 3 hari sampai 7 hari,” ujarnya.

Kendati ramai permintaan, Suyitno tetap ketat memberlakukan persyaratan kepada penyewa Rental Mobil Surabaya, mengingat penipuan berkedok menyewa mobil makin marak. “Yang penting ada jaminan fotokopi KTP, maupun tahu rumah tinggal asli. Kita juga mengantisipasi kemungkinan itu dengan cara kita,” imbuhnya. dio

surya.co.id/

No comments:

Post a Comment