Monday, December 28, 2009

Tips Menjadi Anggota Forum


Di dunia maya, ada ribuan forum diskusi yang bisa kita temui. Forum-forum itu ada yang bersifat forum khusus (contoh : Forum Desain, fans klub, forum dengan tema-tema tertentu) atau umum (indoforum, forum pelajar indonesia, atau detik forum). Apa keuntungan ikut forum? Selain untuk menambah teman dan pengetahuan, serta tempat untuk mendiskusikan topik-topik favorit kita, forum juga bisa kita manfaatkan untuk promosi bisnis online atau untuk mencari referral (downline).

1. Pilih forum yang sesuai dengan minat/pengetahuan kita

Ingat, semakin sering kita melakukan posting dalam forum, semakin mudah pula orang mengingat kita. Nah, untuk bisa melakukan posting dalam jumlah banyak, tentunya kita harus menguasai (atau minimal mengetahui) topik-topik yang dibahas dalam forum itu. Oleh karena itu, pilihlah forum yang topiknya sesuai dengan minat/ hobi/ pengetahuan yang kita kuasai, Misalnya forum desain.

2. Bacalah peraturan forum sebelum posting.

Di mana bumi dipijak, di situ lan*** dijunjung. Beda forum, beda peraturan. Sebelum posting, bacalah dulu peraturan forum (biasanya topik ini di sticky). Ingat, hidup mati kita dalam forum sangat ditentukan oleh seberapa taat kita pada peraturan.

3. Perhatikan kuantitas dan kualitas posting

Untuk mendapatkan reputasi bagus dalam forum, kita harus sangat memperhatikan kuantitas dan kualitas posting. Kuantitas? Jelas, seperti yang sudah saya sebutkan di poin nomor satu, semakin sering kita melakukan posting, semakin mudah pula member forum mengingat kita. Jika kita jarang melakukan posting, jangan harap kita bisa dikenal. Nah, satu poin lagi yang harus kita perhatikan adalah kualitas posting. Jika kuantitas berpengaruh pada eksistensi kita di forum, kualitas akan berpengaruh pada reputasi kita di forum. Misalnya dalam sebuah Forum Desain kita memposting hal yang berguna baik itu untuk desain grafis atau pun desain bangunan.

4. Bersikap sopan dan menghormati member yang lain

Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan, jangan pernah menggunakan bahasa kasar, jangan pernah menghina member lain. Jangan ragu untuk menggunakan 3 kata sakti : tolong, maaf dan terimakasih.

5. Buat member lain senang

Cara membuat member senang bisa dengan banyak cara. Dengan menge-post artikel yang dibutuhkan, memberi hadiah, atau yang paling mudah dengan memberi pujian dan ucapan selamat.

6. Hindari Posting topik-topik kontroversial

Di beberapa forum, biasanya ada thread khusus untuk berdebat tentang hal-hal kontroversial. Saran saya, lebih baik hindari posting di thread ini, salah-salah, pendapat kita justru tidak disukai oleh member dan berbuntut panjang.

7. Pilih username yang gampang diketik, gampang diingat, dan gampang ***capkan; juga berkesan baik

Saya sering ikut forum dengan banyak member, dan tiap member itu punya nama yang susah ***capkan, susah diingat, dan susah diketik. Gimana mau dikenal kalau member lain mau ngetik username kita aja males? Dengan nama yang mudah diingat, biasanya member juga akan lebih ingat kontribusi kita dalam forum.

id.shvoong.com

No comments:

Post a Comment