Thursday, April 4, 2013

Manfaat dari Tomat Rebus


Tanaman Obat - Khasiat tomat yang direbus sampai lembek dan berbentuk bubur ternyata merupakan bahan pangan yang mampu mencegah terjadinya kanker prostat. Khasiat tomat rebus ternyata sangat berguna bagi pria. Bahkan lebih bermanfaat ketimbang mengkonsumsi tomat mentah.

"Tomat yang direbus lama hingga menjadi setengah bubur merupakan sumber likopen terbaik," ungkap pakar gizi Dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, di Jakarta, Rabu.


http://statik.tempo.co/data/2013/01/07/id_160066/160066_475.jpg

Likopen adalah salah satu zat yang terdapat dalam warna sayur dan buah, yang memiliki fungsi untuk mencegah kanker prostat.

"Likopen akan muncul saat tomat direbus hingga lembek seperti bubur, karena zat ini terletak pada inti buah tomat," jelas Samuel. Ikatan inti pada buah tomat tidak akan terlepas pada saat dikonsumsi secara mentah.

"Memang, bila direbus kandungan vitamin c, betakaroten, dan lainnya akan hilang. Namun tomat menjadi istimewa karena kandungan likopen. Vitamin dan betakaroten bisa didapat dari sayur dan buah lainnya," kata Samuel.

Oleh sebab itu Samuel menganjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya lima jenis sayur dan buah dengan aneka warna setiap harinya. Lebih lanjut Samuel memaparkan bahwa karotenoid seperti likopen tidak akan terserap usus tanpa bantuan minyak.

"Maka campurlah 'bubur' tomat dengan sesendok minyak canola atau minyak zaitun. Dua minyak ini jauh lebih sehat dibandingkan minyak sayur lainnya," jelas Samuel.

Info:  Tanaman Obat

No comments:

Post a Comment