Monday, April 8, 2013

Tips Bikin Gazebo di Taman


Maket - Gazebo atau lebih kita kenal dengan rumah saung, bale-bale atau pendopo dan nama lainnya masih banyak lagi. Secara simple gazebo merupkan bangunan semi permanen atau permanen yang bisa di bangun di taman, di atas kolam yang fungsinya adalah sebagai tempat bersantai, istirahat bersama keluarga dan berbagai kegiatan lainnya.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZ6a2eHoKVQcE29DenJzF9CtdMiM6hB4SOEuPlsnsY9XAhIL0JlKR2X9CgpRoVd4o9_BDY86BeW1UMYcH_ru7jqT5AZvVZ1F1Pr6617v5yetkVHHtj7ZqZKD5PP1m1K_JDfvA5YQ9QzDCJ/s1600/1.jpg


Gazebo hadir pada tradisi semua hunian di berbagai negara dan suku bangsa. Umumnya gazebo dipadukan dengan keindahan taman, gazebo penting sebagai bangunan terbuka untuk menikmati taman.

Untuk membuat gazebo anda harus bisa memadukan dengan kondisi dan suasana rumah secara keseluruhan, lahan yang tersedia dan tentunya selera pemilik rumah. Tapi jangan sampai model gazebo yang dipilih tidak senada dengan desain eksterior rumah. Misalnya rumah bergaya tradisional tropis, tentu tidak bisa dipadu dengan gazebo klasik atau modern minimalis.

Berikut konsep dan tips memilih gazebo yang tepat:

- Modern. Bahan maupun finishing lebih bebas, bisa dari kayu, batu alam atau logam, yang biasanya dicat. Bentuknya sangat beragam dan cenderung minimalis, sederhana atau futuristik.

- Etnik atau Tradisioanl. Biasanya didominasi kayu atau bambu. Bentuknya mengadaptasi bangunan etnik tertentu, seperti bentuk joglo dari Jawa atau pura Bali dengan ornamen mahkota pada atap puncak dan motif ukiran pada tiang. Warnanya didominasi coklat dan merah tanah

- Country. Modelnya identik dengan penggunaan batu alam, bata dan kayu yang disertai garis-garis tegas dan keras. Warnanya doninan bernuansa tanah, padang rumput dan alam pegunungan.

- Klasik. Model ini mengadopsi gaya Barat. Biasanya dihiasi dengan pilar berornamen rumit, atap lengkung yang anggun, pergola dengan bunga-bunga dan nuansa putih yang kental.

- Alami. Gaya yang tampak dari penggunaan kayu, bambu,  batang kelapa atau batu alam ini, paling disukai dan biayanya bisa lebih efisien.

Semoga tips dingkat ini bisa membanti anda dalam memilih jenis gazebo yang tepat untuk rumah Anda.

Info: Maket

No comments:

Post a Comment