Wednesday, January 27, 2010

Kopling Otomatis yang Menjadi Fenomena

Kenyamanan, keamanan, dan penampilan merupakan hal utama di saat berkendaraan, terutama saat terperangkap di jalan macet. Tingkat kenyamanan kurang dirasakan pada mobil yang bertransmisi otomatis, karena kaki kiri harus membutuhkan tenaga ekstra untuk menginjak pedal kopling.

Kopling otomatis
, menjadi fenomena baru dalam berkendara, dengan menerapkan teknologi komputerisasi, yang merupakan kendali otomatis tanpa meninggalkan sifat responsif pada sistem manual yang ada.


Saat melintas di jalan macet, alat ini mampu menggantikan fungsi kaki kiri, sehingga lebih rileks dalam menikmati perjalanan, sebab semuanya sudah otomatis.


Kopling otomatis
ini dapat diterapkan pada semua jenis merek mobil yang ada. Penerapan sistem ini tidak mengubah dan mengganggu mesin maupun sistem manualnya. Alat ini tidak mengurangi penghematan bahan bakar, bahkan dapat menambah besutan dan menghemat plat kopling dan kanvas rem.


Untuk menerapkan sistem transmisi otomatis pada mobil manual, ada empat macam alat yang harus dipasang, yakni Centra Processing Unit (CPU), Lever Switch, Actuator, dan Change Mode Button.


CPU mampu mengolah informasi yang diserap dari segala kondisi, mulai akselerasi, rem, rpm, serta tingkat kecepatan. Semuanya diramu dengan bantuan sistem micro processor digital yang bermuatan 16 bit. “Dengan bantuan CPU, respon yang ada pada segala kondisi kendaraan dan pengemudi dapat disesuaikan dan mampu diserap alat ini.


Lever Switch adalah tombol yang ada pada tuas porsneling, yang bekerja memberi informasi kepada CPU kapan program kerja transmisi otomatis harus mulai beroperasi. Tombol yang tersedia pada tuas ditekan bersamaan dengan perpindahan gigi, dirancang dengan desain khusus. Selain tidak mengganggu perpindahan gigi, juga terhindar dari sentuhan yang tidak disengaja.


Actuator merupakan jantung dari produk buatan Amrik ini, yang berfungsi sebagai eksekutor dalam melaksanakan semua perintah yang diberikan lewat CPU. Dalam melaksanakan tugasnya, Actuator dibantu beberapa sensor posisi yang terbuat dari nikel-bar posisi, sehingga dapat diketahui secara akurat oleh CPU. Dengan demikian mobil dapat dikendalikan secara menyeluruh. Sistem kerja alat ini dilengkapi dengan Cam-Spring yang membutuhkan tenaga elektrik 12 volt.


Change Mode Button adalah tombol yang berfungsi menjalankan Easy Clutch, dari transmisi manual ke matic atau sebaliknya. Caranya cukup dengan menekan tombol model perpindahan ini yang diletakan pada box CPU. “Perpindahan sistem manual ke matic atau sebaliknya dilakukan pada saat mobil berhenti atau posisi netral.


www.otogenik.com

No comments:

Post a Comment