Monday, November 26, 2012

Langkah Agar Fungsi Tongkat Oli Mesin Mobil Maksimal



Tongkat pengukur oli mesin mobil memang sangat bermanfaat sekali untuk mengukur oli mesin pada mobil dan sebagai indikasi keadaan mesin mobil apakah mesin mobil anda sehat atau perlu di tune up alias berbaikan, berikut ada beberapa tips memaksimalkan fungsi tingkat pengukur oli mesin mobil:

1. Jangan menggunakan dipstik ketika mesin mobil sedang panas. Biasakan mengecek oli ketika mesin masih dingin, atau belum dihidupkan.
2. Pastikan posisi mobil dalam keadaan datar, agar posisi oli juga datar.
3. Dalam beberapa mobil, terutama bertransmisi otomatis, kadang terdapat dua dipstik. Yang satu untuk oli mesin, satunya lagi untuk oli transmisi. Warnanya pasti lebih mencolok dibandingkan dengan komponen mesin lain yang kebanyakan hitam. Entah kuning, merah, atau biru.
4. Tarik perlahan dipstik untuk dibersihkan dengan kain lap atau tisu (dipstik pasti berwarna terang aluminium). Tujuannya agar pemilik mengetahui kondisi oli. Jika keruh, tandanya oli kotor dan perlu diganti. Tapi lihat dulu jadwal penggantian oli yang sudah dicatat. Jika masih jauh, berarti terdapat masalah pada mesin.
5. Setiap dipstik pasti punya batas atas dan bawah (full-empty). Pastikan oli berada di antara keduanya. Jika melebihi batas atas, dikhawatirkan mesin tidak bekerja dengan baik. Jika posisinya kurang dari batas bawah, tandanya oli kurang. Segera cek ke bengkel sebelum menambah (top up) oli mesin.

Demikian tipsnya dalam memaksimalkan fungsi tongkat oli mesin mobil, semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang jual mobil bekas



Temukan artikel terkait: Tips Mengurangi Kebisingan Mesin Mobil

No comments:

Post a Comment