Thursday, March 28, 2013

Belajar Cara Makan Sehat Harus Dibiasakan Sejak Dini

Cara makan yang sehat memang perlu di biasakan sejak dini karena cara menikmati makan dengan caqra yang benar bisa berdampak pada kesehatan anda secara langsung dan pasti ada maksud di dalam cara tersebut agar anda sehat, berikut ada beberapa tips untuk anda:

1. Duduk. Makan dalam kondisi duduk ternyata tak cuma disarankan untuk alasan kesantunan. Ketika Anda makan sambil berdiri, Anda cenderung akan ngemil atau makan lebih banyak dan lebih cepat. Bayangkan ketika ada kiriman cookies atau donat di kantor, lalu teman-teman Anda menyerbu ke meja tempat makan tersebut disajikan. Asyik bukan, ngobrol sambil terus-menerus mencomot cookies? Akibatnya Anda tak menyadari berapa banyak kalori yang sudah masuk ke tubuh Anda.

2. Nikmati makanan Anda. Perhatikan apa yang akan Anda kunyah, entah itu warna-warni yang didapat dari variasi sayuran dan lauk-pauknya, atau dari aromanya yang menggugah selera. Anda akan mampu menikmati makanan dengan lebih baik ketika Anda mengenali apa yang Anda konsumsi.

3. Amati apa yang Anda rasakan. Apakah Anda merasa berdebar-debar ketika memikirkan makanan? Ataukah Anda selalu merasa bosan ketika akan mengudap sesuatu? Dengan sadar mengenai apa yang Anda rasakan sebelum Anda makan, bisa membantu Anda menemukan apa masalah Anda sesungguhnya ketika berkaitan dengan makanan. Jangan biarkan suasana hati yang kacau membuat Anda makan sesuatu sebagai pelariannya.

4. Tidak makan terburu-buru. Menyuapkan makanan ke dalam mulut dengan tergesa-gesa tidak hanya akan membuat sesi makan jadi kurang nyaman, tetapi juga membuat Anda makan lebih banyak. Anda tidak disarankan untuk makan dengan sangat lambat sih (dan juga tidak menunjukkan bahwa Anda jadi lebih sehat), tapi dengan tidak makan terburu-buru Anda akan mampu menghabiskan makanan dengan rasa kenyang dan puas. Dengan kata lain, tidak terdorong untuk makan terus-menerus.

5. Tetap positif. Jika Anda baru menerapkan pola makan yang sehat, pasti Anda butuh waktu untuk membiasakan diri dengan jenis makanannya atau bagaimana cara mengonsumsinya. Dengan menjadikannya kebiasaan baru, tubuh Anda pun akan mulai menginginkan makanan sehat dengan sendirinya. Keinginan untuk selalu makan "enak" jadi berkurang, karena Anda lebih mampu mengendalikan diri. Jangan lupa, menurunkan berat badan atau membiasakan diri dengan pola makan sehat adalah sebuah proses, jadi selama Anda tetap positif dengan program ini Anda pasti akan menuai hasilnya.
Demikian tipsnya cara menikmati makan yang sehat sehari-hari semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang Kursus Masak



Temukan artikel terkait:  Tips Menu Sarapan Sehat Bergizi

No comments:

Post a Comment