Wednesday, March 6, 2013

Blusukan Unik Ala Pak Harto

Maket - Ternyata pak Harto memiliki kepekaan terhadap rakyatnya yang patut diacungi jempol , meskipun mantap Presiden ini ada pro dan kontra mengenai kepemimpinannya, Namun dibalik semua itu ada kisah menarik tentang blusukan ala Pak Harto yang belum diketahui orang banyak.
Sebelum Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dikenal karena blusukan, Presiden kedua Indonesia Soeharto sudah blusukan lebih dulu. Untuk memastikan hasil-hasil pembangunan di awal pemerintahan Orde Baru, Soeharto gemar blusukan ke daerah. Dia berkunjung ke pelosok-pelosok melihat langsung kondisi rakyat Indonesia.
Banyak cerita menarik saat Soeharto blusukan dan menyapa langsung rakyat Indonesia. Soeharto akan langsung mencatat segala informasi yang diterimanya. Nah, karena tak ada meja atau permukaan yang rata, Soeharto pernah meminta ajudannya membungkuk. Di punggung ajudan itu Soeharto langsung menulis.
Di awal kekuasaannya Soeharto rajin blusukan tanpa kenal lelah. Seperti ditulis dalam autobiografi Soeharto Pikiran Ucapan dan Tindakan Saya yang diterbitkan Cipta Lamtoro Gung Persada.
“Tentu saja saya pun kadang-kadang merasa capek, karena hilir mudik dari sana ke mari lewat daratan, terbang dari satu tempat ke tempat lainnya untuk memulai dengan pembangunan yang baru dan mengontrol pembangunan yang sedang berjalan, dan lelah pula karena memeras otak. Tetapi saya tidak boleh mengeluh, apalagi menyerah. Pembangunan adalah perjuangan yang sengit,” kata Soeharto.
Seperti apa kisah-kisah blusukan Soeharto?
1. Berbekal sambal teri dan kering tempe Ibu Tien

Soeharto blusukan keliling Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah serta kawasan lain. Dia tidak pernah makan di restoran atau minta dijamu pejabat setempat. Rombongan kecilnya memasak nasi sendiri.
“Untuk urusan logistiknya, selain membawa beras dari Jakarta, Ibu Tien membekali dengan sambal teri dan kering tempe,” kata mantan ajudan Soeharto, Try Sutrisno dalam buku Pak Harto The Untold Stories yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama.
Try mengaku kondisi saat blusukan cukup memprihatinkan. Dia heran seorang Presiden kok nerimo saja kondisi seperti itu. Soharto bahkan terlihat senang blusukan.
“Saya melihat Pak Harto sangat menikmati perjalanan keliling desa itu,” kata Try.
2. Curi informasi dari petani

Tahun 1965, inflasi Indonesia mencapai 500 persen. Harga beras naik 900 persen, defisit anggaran belanja mencapai 300 persen dari pemasukan negara. Indonesia benar-benar di ambang kebangkrutan.
Setelah dilantik menjadi pejabat presiden tahun 1967, Soeharto berkeliling daerah. Dia mengumpulkan informasi dari petani. Soeharto sadar pertanian dan swasembada pangan menjadi kunci utama untuk memperbaiki perekonomian. Dari berkeliling itu dia tahu apa yang dibutuhkan untuk memperbaiki kondisi pangan. Dari situ dirumuskannya Repelita atau Rencana Pembangunan Lima Tahun
“Perencanaan pembangunan lima tahun pertama dari tahun 1969-1974 adalah pembangunan pertanian dengan industri yang mendukungnya. Sasarannya cukup sederhana yaitu: cukup pangan, cukup sandang, cukup papan, cukup lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendidikan dan kebudayaan sesuai dengan kemampuan,” kata Soeharto.
3. Menyamar dan rahasia

Presiden kedua RI Soeharto sering melakukan incognito atau penyamaran. Pak Harto blusukan keliling daerah terpencil untuk melihat hasil-hasil pembangunan.
Biasanya saat melakukan kunjungan tidak resmi tersebut, Soeharto hanya ditemani ajudan, satu atau dua pengawal dan dokter pribadi. Hal ini dikisahkan mantan ajudan Soeharto yang akhirnya menjadi Wapres, Jenderal (Purn) Try Soetrisno.
“Pak Harto selalu melakukan incognito. Pak Harto selalu berpesan tidak boleh ada satu pun yang tahu
kalau Pak Harto mau melakukan incognito,” ujar Try dalam buku Pak Harto, The Untold Stories.
Kunjungan mendadak itu pun sering membuat pejabat setempat kalang kabut karena tidak tahu. Soeharto memang tidak pernah memberi tahu akan melakukan kunjungan.
4. Makan dan tidur di rumah penduduk

Soeharto tak pernah tidur di hotel saat blusukan. Dia memilih tinggal di rumah penduduk atau tidur di rumah kepala desa. Dari sana tergambar kedekatan Soeharto dengan rakyatnya.
Soeharto pun langsung berbincang dengan rakyat tanpa perantara. Dia mencatat semua informasi dari rakyat kecil di daerah.
“Presiden mencatat semuanya. Secara objektif diketahui daerah mana yang telah berhasil dan daerah mana yang perlu ditingkatkan. Semua dicek ulang di dalam rapat kabinet. Dengan begitu menteri tidak bisa berbohong. Kalau jelek ya harus dibilang jelek, kalau bagus ya dibilang bagus karena Pak Harto mengetahuinya,” kenang Try.
5. Blusukan tinjau limbah Jakarta

Tak cuma masalah pangan, Soeharto juga blusukan untuk meninjau pencemaran di Teluk Jakarta. Dia mengajak Emil Salim, naik kapal. Pada Emil Soeharto memperlihatkan air di Tanjung Priok yang berwarna hitam.
“Anda lihat ini kotor sekali. Ini baru kita bangun sepuluh tahun lalu, sekarang sudah menjadi seperti ini. Terbayangkah kondisinya 20 tahun lagi jika terus dibiarkan seperti ini,” kata Soeharto.
“Bukan di sini saja seperti ini, di kampung saya juga. Sungai yang dulu jernih sehingga saya dapat memandikan kerbau sampai bersih, sekarang airnya sudah kotor, Anda bisa kan membantu saya mengurusi lingkungan hidup?” kata Soeharto.
Ternyata itu adalah permintaan Soeharto agar Emil Salim menjadi menteri lingkungan hidup.( sumber:merdeka.com)
Menurut saya ini cara yang bagus sekali dalam memimpin sebuah negara dan patut dicontoh oleh pemimpin yang lain, gimana menurut Anda?
Info: Maket

No comments:

Post a Comment