Thursday, August 11, 2016

Lakukan 3 Hal ini Saat Migrasi Data Cloud

Layanan cloud saat ini mulai berkembang pesat di dunia dan termasuk juga di Indonesia. Lihat saja semakin banyak website dari start up baru bermunculan dengan menggunakan layanan ini. Salah satu keunggulan layanan ini adalah sangat efektif dalam penyimpanan data.

Hal ini tentunya membuat perusahaan kecil atau besar berbondong-bondong migrasi data cloud dari layayan data center yang masih bersifat tradisional. Karena selain efektif, layanan cloud juga bisa menghemat biaya operasional perusahaan.

Tentunya bagi perusahaan yang ingin migrasi data cloud harus memiliki persiapan yang cukup matang karena untuk proses pemindahan data memegang peranan penting. Seandainya jika salah perencanaan bisa menyebabkan kehilangan data-data penting bagi perusahaan.

Migrasi Data Cloud

Agar hal ini tidak terjadi, berikut adalah tips untuk migrasi data cloud yang tepat, aman dan mudah:
Dibawah ini ada beberapa tips migrasi data cloud yang aman dan mudah:

1. Perhatikan kapasitas data yang ada. Anda harus bekerjasama dengan penyedia layanan cloud professional agar semua berjalan dengan lancar. Umumnya mereka juga aakan membantu dalam pemeriksaan data-data apa saja yang akan ditransfer ke dalam hard drive eksternal. Namun tetap Anda yang harus mengawasi semua data tersebut agar data penting dan tidak penting bisa di filter terlebih dahulu.

 2. Pemakaian database terbaru. Pastikan penyedia layanan cloud sudah memiliki aplikasi database terbaru dan memiliki tingkat keamanan yang baik.  Dengan database terbaru semakin memudahkan proses migrasi data cloud, selain itu kinerja server juga semakin cepat dan efektif dari sebelumnya.

3. Sistem keamanan juga perlu diperhatikan, karena faktor ini berguna melindungi database Anda dari berbagai serangan seperti malware, hacker dan lain sebgainya yang semakin lama semakin banyak digunakan untuk hal-hal yang tidak baik. Jadi dengan memilih layanan cloud yang berkualitas, celah keamanan pada wbsite bisa tertutup dengan baik

Dengan cara diatas tentunya diharapkan proses migrasi data cloud berjalan dengan lancar, aman dan bebas dari hal buruk. Semoga tips simple ini berguna buat Anda.

No comments:

Post a Comment