Tuesday, June 30, 2009

Gejala Terjangkit Parasit

Sebagai orang tua yang sibuk, kadang kita ingin menghabiskan waktu bersama anak-anak kita ke suatu tempat. Anak-anak cenderung lebih suka memilih kolam renang water bom untuk berekreasi. Namun, tanpa Anda sadari ada bahaya mengintai di dalam kolam renang water boom. Adalah parasit cryptosporidium (Crypto) yang terdapat pada air water park dapat menyebabkan diare selama 1 hingga 3 minggu, keram atau sakit perut, dehidrasi, nausea (mual), muntah, demam bahkan berat badan yang menurun. Gejala terkena parasit yang tumbuh dalam air water slide ini biasanya dimulai paling tidak 2 sampai 10 hari setelah terinfeksi.

Crypto menyebar melalui air waterbom yang tercemar dan terminum oleh kita atau bahkan ketika kita menyelam, air kolam renang waterboom tanpa sengaja tertelan. Crypto tidak langsung menyebar kedalam darah. "Hal penting yang dapat kita lakukan adalah menjauhkan bakteri Crypto jauh dari air waterbom park." kata Michele Hlavsa, RN, MPH, kepada WebMD. "Bahkan di dalam kolam renang water bom dengan perawatan yang baik sekalipun, crypto dapat bertahan selama 10 hari," karena crypto tahan terhadap klorin. "Meskipun faktanya ada klorin di dalam air water boom, air tetap tidak steril. Karena air itu bukan untuk diminum," kata Hlavsa.

Ada beberapa tips untuk mencegah peyakit yang disebabkan oleh air :
1. jangan berenang di water park ketika Anda sedang diare. Jangan kembali ke kolam renang water slide sebelum diare Anda sembuh, paling tidak 2 minggu setelah diare Anda terhenti.

2. Usahakan jangan meminum air di dalam kolam renang waterbom. Hindari air yang masuk ke mulut Anda.

3. Mandi sebelum Anda berenang di waterboom.

4. Cuci tangan Anda setelah menggunakan toilet atau mengganti popok bayi.

5. Bawa anak Anda ke dalam kamar mandi untuk membersihkan kotoran di kelamin dan dubur, atau lebih sering memeriksa popok bayi Anda.

6. Mandikan anak Anda sebelum berenang di waterbom park dengan sabun dan air, meskipun mereka terlihat bersih.

http://www.kikil.org/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Water Bom - Water Boom - Water Park - Water Slide - Waterbom - Waterboom - Waterbom Park di 88db.com

No comments:

Post a Comment