Thursday, November 26, 2009

Syarat Rumah Sakit yang Baik

Untuk mendapat pelayan Rumah Sakit, kita tidak bisa memilih-milih dengan cara melihat-lihat dulu seperti kita membeli barang di toko yang bisa kita lihat. Kita coba dan kita bandingkan terlebih dahulu harganya dengan toko yang lain. Artinya untuk mendapatkan pelayanan di Rumah Sakit, kita tidak bisa melakukan ?window shopping? terlebih dahulu, tetapi begitu datang ke Rumah Sakit yang kita tuju, tentunya proses pelayanan sudah harus berjalan. Mungkin ada perbedaan rumah sakit dengan klinik kesehatan yang sederhana.

Langkah pertama adalah berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda. Dokter keluarga umumnya yang paling tahu tentang Rumah Sakit mana yang harus didatangi apabil perlu perawatan, disesuai sakitnya datang mendadak dantidak sempat berkonsultasi dengan dokter keluarga, datangilah Rumah Sakit yang terdekatyang terdekat dan mudah dicapai dengan cepat, karenasetiap Rumah Sakit memiliki Unit Gawat Darurat (UGD). Setelah pemeriksaan dan tindakan di UGD, Anda dapat memilih dikelas mana akan dirawat di Rumah Sakit tesebut atau memilih di Rumah Sakit lain untuk rawat inap.


Untuk mendapatkan gambaran tentang Rumah Sakit yang ? baik?, Anda bisa cari informasi dari dokter keluarga atau dari kerabat-karabat Anda tentang beberapa hal :


Bagaimana dokter dan perawat di Rumah Sakit tersebut berkomunikasi dengan pasien dan bagaimana ketetapan waktu pemeriksaannya


* Bagaimana kondisi peralatan medis yang dimiliki Rumah sakit tersebut.

* Apakah ada ?customer service? yang dapat memberikan bantuan dan informasi yang diperlukan.
* Apakah administrasi di Rumah Sakit tersebut memudahkan anda atau justru mempersulit.
* Apakah dilingkungan Rumah Sakit tersebut terdapat cukup petunjuk (direktori) sehingga pengunjung Rumah Sakit tidak bingung/tersesat.

* Apakah tersedia sarana penunjang yang cukup seperti ruang tunggu yang nyaman, tempat ibadah dan lain-lainnya.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah apakah Rumah Sakit tesebut mudah dicapai baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. Manfaatkanlah rumah sakit,
klinik kesehatan, balai pengobatan seoptimal mungkin. Mudah-mudahan bermanfaat.


www.pdpersi.co.id

No comments:

Post a Comment