Tuesday, June 9, 2009

Bangunan Compact

Punya tanah terbatas namun ingin fungsi lebih banyak? Kita memang aneh, terkadang ingin sekali punya desain rumah besar, dan mengeluh mahalnya harga tanah. Sebenarnya, option tersebut ada, namun berarti kita harus tinggal jauh dari pusat bisnis. Dahulu, mungkin tidak terlalu jadi masalah, sekarang, selain berurusan dengan macet, biaya transportasi pun menjadi kendala tinggi. Tren yang ada justru, kita akan bertahan dilokasi kita berada, atau bahkan ingin mencari tanah yang sangat kecil, namun berada dipusat kota. Pilihannya adalah membuat desain bangunan rumah 'compact', desain bangunan rumah yang sangat kecil dan "tipis" didalam tanah yang sangat, sangat sempit.

Pola kegiatan pun harus dirubah, kita tidak bisa berharap 'layout' desain modern denah berfungsi seperti bangunan rumah pada umumnya. Rumah bangunan modern ini harus di desain sedemikian rupa, sehingga bagian dalam dari rumah modern terintegrasi dengan desain rumah modern keseluruhannya.

Desain Bangunan Rumah Kompak ini, tidak selalu berarti desain bangunan rumah murah. Ide bangunan rumah ini ideal sekali, terutama bila kita berada didalam lingkungan dimana, biaya pembangunan rumah modern ini lebih murah dari harga tanah tempat kita berada. Misalnya, biaya membangun desain rumah tersebut 3 juta per meter, maka, bila tanah kita berada dilokasi 'utama' dimana tanah kita berharga diatas 3 juta permeter, ide desain rumah modern kompak ini, dapat kita terapkan.

"ideal"nya lebar desain modern atau bangunan modern rumah minimum adalah 3.5 meter, namun, seperti yang kita lihat di foto2 ini, terutama di kota2 besar di Jepang (dimana harga tanah selangit), lebih kecilpun, tidak menjadi masalah.

http://rumah-tinggal.blogspot.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Desain Modern | Bangunan Modern | Desain Bangunan | Desain Bangunan Rumah | Bangunan Rumah | Rumah Modern | Desain Rumah | Desain Rumah Modern dan Desain Modern&Bangunan Modern: Desain Bangunan & Desain Bangunan Rumah Surabaya di 88db.com

No comments:

Post a Comment