Thursday, June 11, 2009

Buang Uang Untuk Rumah

Betul, memang beberapa diantara klien saya menginginkan sebuah desain arsitektur ruang dan arsitektur desain rumah yang budgetnya 'bikin orang sakit perut' mendengarnya. Namun, saya merasakan adanya 'myth' seakan-akan proyek arsitektur interior dan arsitektur ruangan 'superhouse' tersebut adalah proyek arsitektur desain dan arsitektur dapur 'buang-buang' uang saja, tidak 'manusiawi' atau memperlebar jurang sosial. Ditulisan ini jelas saya ingin menghindari soal perdebatan social interior desain, karena memang bukan 'kompentensi' saya dibidang arsitektur ruangan dan interior ruangan itu.

Yang ingin saya sampaikan adalah, terdapat perbedaan 'mindset' interior kitchen yang besar tentang 'kemana larinya budget arsitektur dapur dan interior kitchen set sebesar itu'. Sebuah interior ruang atau interior desain superhouse dirancang untuk membuat interior ruangan dan interior kitchen rumah tinggal, dengan kualitas bahan interior kitchen set dan desain interior dapur dan interior ruang yang terbaik, dengan perancanaan interior dapur yang sangat matang dan komprehensif, dibuat dengan kekuatan dan teknologi ruang dapur yang terkini. Ruang dapur rumah tersebut, memang 'mahal' secara kualitas desain ruangan. Biaya desain ruangan dan desain kitchen yang dikeluarkan, disebabkan faktor-faktor tersebut, bukan 'asal mahal' saja.

Ilustrasi yang paling sederhana adalah, bila kita tengok mobil Rolls Royce, kenapa harganya sebegitu mahal "padahal sama-sama roda 4", karena sang pecipta kendaraan tersebut, membutuhkan tenaga dan material terbaik untuk menghasilkan mobil yang terbaik tersebut. Biaya yang kita keluarkan, bisa saja saya setarakan seperti mobil kelas "kijang" yang kita 'permak' dengan menggunakan banyak 'bling'. Pada roda kita gunakan bahan titanium dengan lapisan mutiara, kemudi dengan hiasan batu berlian, body mobil kita 'cat' dengan menggunakan emas, dsb. mobil "kijang" tersebut, bisa2 menyerupai harga sebuah Rolls Royce. Mobil 'Kijang-berlian' tadi, itu dapat kita sebut sebagai "rumah boros".

Sementara, sang Rolls Royce adalah "superhouse".

Membuat desain kitchen set dan desain kitchen 'Rumah Boros' adalah langkah yang mudah, pasang kitchen set serta desain kitchen set dan tempel segala desain dapur dan kitchen set sesuatu yang mahal. Membuat arsitektur ruang dan arsitektur interior 'Superhome" adalah langkah yang sangat rumit dan kompleks, bukan bertujuan untuk menciptakan karya yang desain dapur "mahal", namun bertujuan untuk membuat rumah yang "sempurna".

http://rumah-tinggal.blogspot.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Arsitektur Ruang - Arsitektur Interior - Arsitektur Desain - Arsitektur Ruangan - Arsitektur Dapur - Interior Ruang - Interior Desain - Interior Ruangan - Interior Kitchen - Interior Kitchen Set - Interior Dapur - Ruang Dapur - Desain Ruangan - Desain Kitchen - Desain Kitchen Set – Kitchen Set - Desain Dapur dan Arsitektur&Interior Ruang:Desain Ruangan-Desain Kitchen Set&Dapur Jakarta Selatan di 88db.com

No comments:

Post a Comment