Monday, June 22, 2009

Cara Efektif Menggunakan AC Ruangan

Tahukah Anda? Sebelum memutuskan membeli atau memasang AC, anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut agar AC tersebut bisa berfungsi maksimal dan efisien.

Penggunaan atau fungsi ruang

Penggunaan ruang berpengaruh terhadap suhu ruangan dan Home AC karena pada dasarnya manusia yang mengisi suatu ruangan mengeluarkan kalori yang cukup tinggi. Kamar tidur yang hanya diisi dua orang berbeda dengan ruang keluarga atau Home AC yang frekwensi keluar masuk penghuninya cukup tinggi. Semakin banyak pengguna maka semakin besar daya AC yang dibutuhkan.

Ukuran Ruangan
Ukuran ruangan (AC Home) menentukan berapa banyak BTU (british thermal unit) atau kecepatan pendinginan. BTU adalah kecepatan pendinginan untuk ruangan satu meter persegi dengan tinggi standar (umumnya tiga meter). Semakin besar satu ruangan (AC Home) tentunya akan semakin besar pula BTU yang dibutuhkan.

Beban pendinginan
Beban pendinginan (Central AC) berasal dari dalam ruangan (internal heat gain). Misalnya dari jumlah penghuni yang nantinya akan berada di ruangan AC. Selain itu juga penggunaan penerangan, seperti lampu. Beberapa jenis lampu mengeluarkan panas yang tinggi, artinya anda juga harus memilih Central AC dengan daya yang lebih tinggi. Selain dari dalam, beban pendinginan juga berasal dari luar. Seperti cahaya matahari yang mengeluarkan energi panas melalui dinding, atap atau jendela.

Banyaknya jendela kaca
Saat ini banyak rumah yang mempunyai jendela kaca atau menggunakan blok kaca (glass block). Apabila ruangan anda menggunakan kaca sebanyak 70% atau lebih, sebaiknya gunakan kaca film yang dapat menahan sinar ultraviolet untuk mengurangi beban pendinginan. Lihat AC Maintenance dan Home Ac Maintenance.

Penempatan AC
Untuk jenis AC split, anda harus memikirkan penempatan unit indoor dan outdoor atau kompresor. Pemasangan unit indoor perlu memperhatikan arus angin (air flow) dari blower AC. Penentuan arus angin atau hembusan yang tepat membuat udara yang dikeluarkan lebih merata dan tidak hanya berkumpul di satu titik. Klik Home Ac Maintenance dan Central AC Maintenance.

Perhatikan juga perabotan yang ada di dalam ruangan. Jangan sampai arah angin terhalang. Selain itu, usahakan arus angin tidak mengenai pengguna secara langsung. Terpaan angin dingin secara terus menerus dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Usahakan mengarahkan swing ke bagian atas kepala karena udara yang dikeluarkan AC mempunyai berat jenis yang lebih berat dari udara (AC Maintenance).

Penempatan kompresor juga perlu diperhatikan. Letakkan kompresor di tempat dengan sirkulasi udara yang cukup, ada tempat untuk udara masuk dan udara keluar, dan terlindung dari hujan. Untuk AC ukuran 1 PK, jarak yang aman antara unit indoor dengan kompresor berkisar antara 5-7 meter. Jika memasang AC lebih dari satu, hindari peletakkan kompresor secara berhadapan dengan kompresor lain (Maintenance AC). Sebaiknya letakkan sejajar sehingga sirkulasi udara tidak terganggu.

cvastro.com

Temukan infomasi mengenai AC Maintenance | Home AC | AC Home | AC Maintenance | Maintenance AC | Central AC | Central AC Maintenance | Home Ac Maintenance | AC dan pada 88db.com

No comments:

Post a Comment