Tuesday, June 2, 2009

Esensi Olahan Seniman

Objek lukisan abstrak adalah medium. Melalui objek, seniman abstract painting melihat suatu kedalaman bentuk. Melalui objek lukisan yang banyak ditemui di penjual lukisan si seniman mendapatkan inspirasi, semangat, ide, dan kreasi dalam mewujudkan sesuatu yang ingin ditampilkannya. Si seniman painting tidak pernah mewujudkan objek sebagaimana adanya akan tetapi sebagaimana yang dirasakannya. Dalam hal ini Reid Hastie seorang profesor Dept. of Art Education mengatakan " The looks at his world deeply and sensitively, and he abstract, or takes out,from this seeing of his world that which he feels is importance (the essence, meaning, and significance it has for him)"?.

Seniman lukisan abstrak yang juga menjadi penjual lukisan melihat objeknya amat dalam dan amat sensitif. Seniman abstract painting tidak melihat tampilan fisik objeknya akan tetapi apa yang tersirat dibalik wujud fisik tersebut, sesuatu yang dirasakan amat penting seperti esensi, makna dan sesuatu yang berarti dan disampaikan dan diwujudkan dalam bentuk karya lukisan yang akan diletakkan di galeri lukisan. Seniman galeri lukisan abstrak mengungkapkan dirinya melalui objek paintingnya. Ungkapan diri (self expression) seniman galeri lukisan ini dikatakan oleh Langer bahwa seniman galeri lukisan abstrak mengungkapkan bukan perasaannya sendiri tetapi apa yang ia ketahui tentang perasaan manusia.

Apa Itu Abstrak?
Kata abstrak mengandung pengertian ringkasan, inti, tidak berwujud, mujarad, niskala. Dalam kaitan dengan cipta seni, kata abstrak menunjuk kepada wujud yang tidak realis atau natural (non objective, non representational). Bentuk abstrak adalah bentuk yang tidak menampilkan rupa yang kita kenali sebagai rupa benda atau objek yang kita lihat dalam kenyataan sehari-hari. Bentuk abstrak adalah bentuk imajinasi seniman. Bentuk abstrak dapat terjadi dari olahan seniman dalam mencari esensi bentuk objeknya "abstraction; the essential from an object a process in which the artist focusses on an exaggerats the forms of objects for aesthetics and expressive purpose"? demikian dikatakan Rathus. Oleh karena itu bentuk abstrak adalah bentuk olahan, bentuk imajinatif seniman, maka wujudnya menjadi unik, karena bentuk itu tidak pernah kita kenal selama ini. Bentuk yang tidak pernah ditemukan di atas bumi ini.

Salah seorang tokoh seni lukis abstrak yang terkenal di dunia adalah Picasso. Picasso mengolah bentuk alam menjadi kubus-kubus sebagai esensi bentuk. Oleh karena itu Picasso dikenal sebagai pelopor aliran kibisme. Salah satu lukisan Picasso yang terkenal adalah Guernica, yang sekarang dikoleksi Museum of Modern Art New York.

http://www.senirupa.net/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Lukisan Abstrak ~ Galeri Lukisan ~ Galeri Lukisan Abstrak ~ Jual Lukisan ~ Abstract Painting ~ Lukisan ~ Painting dan Lukisan Abstrak : Galeri Lukisan Abstrak – Jual Lukisan Abstrak & Abstract Painting di 88db.com

No comments:

Post a Comment