Wednesday, June 10, 2009

Karya Lukisan Sulam

Biasanya sulam pita hanya bagian kecil dari desain suatu karya baju sulam, seperti baju sulaman pita, keranjang motif sulam pita, tas sulaman kain, dan sulaman pita lainnya. Sulam pita hadir sebagai pemanis. Tetapi, dalam lukisan kain sulam pita, teknik motif sulam pita menjadi pokok karya sulam kain tersebut. Ada beberapa langkah pokok untuk mewujudkan lukisan kain sulam pita.

Langkah pertama, tentukan tema lukisan kain sulam. Tema yang bisa dilukis beraneka, misalnya, lukisan baju sulaman tentang rumah yang hijau, sulam baju pemandangan sekitar danau, baju sulam pita pegunungan, baju sulam kota, atau motif baju sebuah jalan di perkampungan.

Kemudian, tentukan ukuran kain sulaman. Setelah itu buat desain sulam baju awal lukisan kain sulaman serta tentukan warna sulaman kain pita dan benang yang akan digunakan. ” Kain motif yang dipakai kain tenun biasa yang mudah ditusuk jarum, bukan kanvas. Penggunaan kanvas yang keras dan kaku menyulitkan pekerjaan menyulam sulaman baju,” ujar Asri, pengusaha lukisan sulam kain pita.

Pekerjaan berikut adalah melukis motif kain dengan cat tekstil. ”Gunakan cat tekstil berkualitas baik sehingga tidak luntur saat lukisan motif sulaman suatu waktu perlu dicuci,” kata Asri. Harga sebotol cat tekstil motif sulam berkualitas cukup baik berkisar Rp 50.000.

Setelah lukisan kain sulam dengan cat jadi, mulailah menyulam pada bagian-bagian motif kain yang diperlukan, seperti motif sulam benang untuk genting serta kain motif pita untuk motif sulaman bunga dan baju motif dedaunan di taman.

Berikutnya, lukisan baju motif atau baju sulaman dirapikan dengan cat, misalnya untuk memberi kesan bayangan motif baju. Jika sulaman baju sudah selesai, baru lukisan baju sulam pita bisa dibingkai dengan sistem bingkai menjorok ke dalam untuk memberi kesan tiga dimensi. (ynt)

http://cetak.kompas.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Sulam Pita - Sulaman Pita - Kain Sulam Pita - Kain Sulam - Motif Sulam Pita - Motif Sulam - Baju Sulam Pita - Baju Sulam - Motif Kain - Kain Motif - Baju Motif - Motif Baju - Baju Sulaman - Kain Sulaman - Motif Sulaman - Sulaman Kain - Sulam Kain - Sulam Baju - Sulaman Baju dan Kain Sulam Pita: Motif Sulam Pita& Baju Sulam Pita- Baju Sulaman Tangerang di 88db.com

No comments:

Post a Comment