Friday, June 5, 2009

Tips Mendirikan Laboratorium Bahasa


Pertama, sebelum memutuskan untuk membikin laboratorium bahasa konsultasikan dulu dengan sekolah atau lembaga yang telah mengaplikasikan sistem tersebut. Gali informasi sebanyak-banyaknya. Baik merk, model, operasional, biaya perawatan, dan yang terpenting masa garansi. Sumber informasi ini bisa dari lembaga kebahasaan di universitas maupun disekolah unggulan yang sudah membangun lab dengan Software Lab. bahasa. Kedua, cari sebanyak-banyaknya referensi tentang perusahaan penyedia peralatan laboratorium bahasa atau dengan Software Lab. Bisa melalui internet maupun brosur-brosur yang tersedia. Ada trik khusus untuk kegiatan ini.
  1. Alamat perusahaan harus jelas, kalau perlu datangi perusahaan Alat Lab dan amati. Kondisi fisik perusahaan bisa menjadi salah satu indikator bonafiditas perusahaan tersebut.
  2. Prioritaskan yang mempunyai website atau Alat Lab. Karena pekerjaan ini bernilai lumayan besar, jadi website adalah hal yang penting buat perusahaan yang kredibel.
  3. Lihat portfolio perusahaan. Cari lembaga atau institusi yang pernah menggunakan jasa perusahaan tersebut dan gali informasi sebanyak-banyaknya.
  4. Brosur adakalanya bisa mencerminkan kualitas perusahaan. Pembuatan brosur yang asal-asalan dan informasinya tidak lengkap adalah mencerminkan ketidakseriusan perusahaan. Ingat nilai pengadaan Lab Bahasa lumayan besar.
Kemudian tips yang ketiga, lebih baik mengeluarkan sedikit biaya Lab Bahasa tambahan untuk menunjuk konsultan yang independen. Maksud saya adalah yang sudah berpengalaman menggunakan ataupun terlibat dalam pengadaan Alat Lab Bahasa atau Software Lab Bahasa namun tidak terkait dengan bisnis ini. Saran saya adalah dari universitas yang kredibel. UPT P2B UNS termasuk didalamnya saya kira. Sedikit promosi bolehkan? Kenapa demikian? Sebab kalau orang itu berpengalaman dalam hal Lab bahasa namun terlibat dalam bisnis pengadaan, bisa jadi analisanya akan subyektif. Dengan kata lain akan sangat bergantung pada keuntungan yang diperoleh dari penyedia Alat Lab Bahasa atau Software Lab Bahasa. Hal ini disebabkan banyak orang-orang yang hanya menjadi reseller (makelar) Lab bahasa.Dari browsing di internet ada beberapa referensi yang bisa menjadi rujukan rekan-rekan

Temukan informasi mengenai Lab Bahasa | Software Lab | Software Lab Bahasa | Alat Lab | Alat Lab Bahasa | Lab dan Lab Bahasa : Software Lab Bahasa & Alat Lab Bahasa Malang Jawa Timur pada
88db.Com

http://wisnoe.staff.uns.ac.id

No comments:

Post a Comment