Thursday, June 4, 2009

Menentukan Permainan Anak

Dunia anak usia balita memang dunia bermain, bisa dibilang sepanjang waktu mereka diisi hanya dengan bermain, kecuali saat tidur. Baik bermain menggunakan alat dengan berbagai bentuk dan ukuran. Bahkan anak cenderung menggunakan tubuhnya sendiri sebagai alat bermain untuk berlari, meloncat, merangkak dan sebagainya. Bisa dibilang tak ada tempat yang tidak bisa dijadikan tempat bermain baginya. Entah itu di ruangan terbuka atau rumah sekalipun. Oleh sebab itu diperlukan kecerdasan dalam memilih sarana bermain yang sesuai dengan usia dan kemampuan anak balita. Kecerdasan orangtua dalam memilih permainan serta ala-alat bermain bagi balita memiliki peranan penting terhadap tumbuh kembang mereka, oleh karennya sebagai orangtua harus dapat memahami apa kebutuhan mereka dan mana yang aman bagi mereka termasuk arena playground tsb.

Bila Anda ingin mengajak balita ke arena bermain
kids playground, pastikan tidak dipenuhi debu dan ditumbuhi jamur, lumut, apalagi sampai menimbulkan bau tak sedap. Pilihlah sarana & juga tempat bermain (children playground/kids playground) yang merangsang pergerakan otot balita, baik otot-otot kaki, tangan maupun seluruh tubuhnya. Jangan lupa perhatikan juga kesesuaian bentuk, ukuran dan tingkat kesulitan dari masing-masing permainan tersebut.

Pastikan keamanan setiap lekuk dan sudut sarana di tempat bermain
playground yang akan digunakan dapat diandalkan. Jika membahayakan, lebih baik urungkan saja niat mengajak main balita di tempat tersebut. Misalnya kita bisa melihat dari playground design, lokasi, dsb. Begitu juga dalam pemilihan mainan, kiranya dapat memperhatikan aspek lunak-kerasnya, tajam atau tidak, jika perlu termasuk aman tidaknya cat yang terkandung dalam mainan tersebut agar diperhatikan dengan seksama. Janganlah memilih mainan yang terlalu kecil ukurannya, karena dikwatirkan itu akan mudah tertelan oleh mulut anak.

Di samping itu, dampingan dari orangtua turut berperan dalam aktivitas bermain anak, sehingga Anda bisa mengajarkan banyak hal pada anak, semisal mengajari anak bagaimana berjalan di tempat yang licin, bagaimana meletakan boneka agar tidak mudah rusak atau melarang ketika anak mulai memasukan partikel mainan ke dalam mulutnya.

www.sripoku.com

Temukan informasi lainnya mengenai
Playground Design - Kids Playground - Kids Playground Design - Playground Plan - Playground Design Plan - Playground hanya di Playground Design: Kids Playground Design & Playground Design Plan Depok Jawa Barat pada 88db.com

No comments:

Post a Comment