Thursday, June 25, 2009

Modal Bisnis

Demi mendulang suara untuk memenangkan pertarungan, para caleg dan tim suksesnya, ramai menyerbu percetakan memesan kartu nama, stiker, spanduk baliho, juga baju kaus partai. Ini 'alat perang' yang harus ada untuk bersaing dalam menghadapi caleg dan partai politik lainnya.

Hati-hati! Perkara meminjam modal usaha itu mudah, mengembalikan pinjaman modal yang sulit. Walaupun kebutuhan berutang pinjaman usaha jelas ada, harus tetap memperhitungkan kemampuan mengembalikan utang pinjaman modal usaha tersebut. Di sinilah Anda harus memastikan bahwa ada sumber dana pinjaman kredit atau sumber penghasilan yang cukup untuk membayar utang pinjaman kredit usaha tersebut.

Dalam kontrak pinjaman kredit modal atau kredit usaha bank, umumnya pelunasan utang kredit modal usaha untuk usaha perkebunan tidak dilakukan sekaligus melainkan dicicil selama periode waktu tertentu. Jika Anda mengambil pinjaman modal usaha jenis ini, cara yang paling ringan untuk pengembalian utang modal usaha adalah membayar cicilan pinjaman pinjaman modal dari penghasilan rutin Anda. Besarnya cicilan utang pinjaman usaha ini sebaiknya tidak memakan porsi terlalu besar dari penghasilan rutin. Jumlah yang dianggap aman adalah sebesar maksimal 30% dari penghasilan. Asumsinya, Anda dan keluarga masih bisa membayar pengeluaran hidup lainnya dari sisa penghasilan. Adapun, besarnya total saldo utang juga tidak bisa terlalu besar. Jumlah yang masuk kategori aman adalah jika total saldo utang Anda maksimal 50% dari total aset.

Contoh, jika total harta kekayaan Rp1 miliar, maka saldo utang maksimal sebaiknya tidak lebih dari Rp500 juta. Asumsinya jika terjadi sesuatu yang mengharuskan Anda membayar utang pinjaman modal usaha sekaligus, ada sejumlah aset yang bisa dilikuidasi untuk melunasi saldo utang tersebut.

Pinjam-meminjam
Apa jalan keluarnya jika telanjur terjerat utang? Sebaiknya Anda tidak mengikuti polah para caleg yang tiba-tiba saja lenyap dari peredaran karena dikejar-kejar penagih utang pinjaman kredit (debt collector). Karena itu dengan siapa Anda berurusan juga sangat penting. Pilihannya mulai dari rentenir pinggir jalan sampai lembaga keuangan yang bonafid seperti bank.

Istilah populer seperti 'menyekolahkan mobil', biasanya ditawarkan untuk pinjaman kredit usaha dengan agunan kendaraan pribadi. Bunga kredit modal sangat tinggi untuk usaha perkebunan, tetapi persyaratannya mudah, cukup modal BPKB. Berapa pun pinjaman kredit usaha, untuk apa dan bagaimana kemampuan mengembalikan pinjaman kredit modal usaha, bukan masalah. Ada mobil, ada pinjaman modal usaha, cicilan macet mobil pun melayang, kan begitu, sesuai dengan perjanjian. Meminjam ke bank, tarifnya umumnya lebih murah. Hanya prosedur administrasinya lebih panjang, karena bank akan menganalisis kondisi keuangan Anda. Layakkah Anda diberi pinjaman, bagaimana skema pengembalian yang ringan sehingga pembayaran cicilan lancar. Pinjaman tidak diberikan jika Anda tidak lolos seleksi. Jangan terlalu kecewa, ini justru demi keamanan Anda sekeluarga.

Yang pasti bereaksi dengan panik sampai membuat Anda melarikan diri, bukanlah tindakan terpuji. Kuncinya keluar dari jeratan utang adalah dengan melunasinya pelan-pelan secara bertahap dan sistematis. Buatlah data harta kekayaan yang bisa dijual untuk membantu pelunasan sebagian atau sejumlah tertentu saldo total utang, jika tidak bisa melunasi sekaligus. Sisanya bayarlah dengan mencicil. Jangan segan meminta keringanan pembayaran agar jumlah kewajiban semakin kecil. Insya Allah dengan niat baik dan sikap yang kooperatif masalah seberat apa pun dapat terselesaikan dengan baik.

http://web.bisnis.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Modal Usaha - Pinjaman Modal - Pinjaman Usaha - Pinjaman Modal Usaha - Pinjaman Kredit - Pinjaman Kredit Usaha - Kredit Modal - Kredit Usaha - Kredit Modal Usaha - Usaha Perkebunan - Modal - Usaha di 88db.com

No comments:

Post a Comment