Friday, June 12, 2009

Perayaan Hari Ulang Tahun Anak

Sejak usia 3 tahun, anak mulai mengerti arti ulang tahun. Mereka mulai memahami, ulang tahun (Kids Party) adalah sesuatu yang istimewa, sesuatu yang diperuntukkan bagi dirinya. Apalagi, di usia 3 tahun, anak mulai mengembangkan konsep bahwa ia punya identitas. Di usia ini, anak juga harus mengembangkan sense of initiative, yaitu tahap di mana anak penuh dengan inisiatif, ide-ide baru, dan pertanyaan-pertanyaan yang di antaranya tertuju ke dirinya.

Sangat penting melibatkan anak dalam persiapan pesta (Kids Party) . Mulai dari bentuk kue ulang tahun, siapa saja yang diundang, apa saja acaranya, dekorasinya, dan seterusnya (Kids Party Organizer). Anak harus secara kreatif dilibatkan.

Usia 3 Tahun

Untuk anak seusia ini, Anda dapat mengundang antara 8-10 anak dengan lama pesta 1-1,5 jam. Pada usia ini, anak sudah lebih yakin pada dirinya dan lebih mantap dibanding tahun-tahun sebelumnya. "Anak-anak usia ini adalah penggembira. Keterampilan fisiknya lebih baik, kemampuan berbahasa serta berkomunikasinya lebih banyak. Ini membuat mereka bersikap positif dan lebih suka bergaul," tulis Charles dan Linda Kraus dalam bukunya, Charles The Clown's Guide To Chlidren's Parties.

Usia 4 Tahun

Anak senang sekali bergaul dengan teman-temannya. Mereka juga suka berdandan, menjadi seorang tokoh atau binatang yang menarik baginya dan berperilaku seperti mereka.

Mulai usia 3,5 tahun biasanya anak menunjukkan tingkah laku yang penuh gejolak dan pemberontakan. Anak pun akan diliputi kebimbangan antara rasa malu dan bertindak penuh percaya diri. Mereka berusaha dengan sekuat tenaga untuk memahami kerumitan dunia di sekitarnya dan mereka ingin menjadi lebih besar serta lebih mandiri.

Di usia ini, mereka sudah cukup bisa menikmati segala jenis kegiatan pesta (Party Kids) . Jumlah undangan antara 10-15 anak dengan lama pesta tak lebih dari dua jam. Ingatlah, jumlah tamu di usia ini lebih banyak dan mereka pun lebih suka makan serta lebih aktif dibanding tahun lalu.

Usia 5 Tahun

Umumnya mereka mudah bergaul, periang, baik hati, dan mulai belajar memberi dan menerima. Mereka senang menjadi anggota kelompok, tapi masih belum dapat benar-benar memperhatikan kebutuhan anggota kelompok. Mereka mempelajari lebih banyak cara untuk menelaah dan mengendalikan lingkungannya.

Sampai usia ini, biasanya seorang anak sudah pernah menghadiri sejumlah pesta (Party Kids). Pada beberapa pesta, anak diharapkan bersikap tenang dan sopan, menunggu giliran melakukan kegiatan, dan menjaga agar tidak mengotori rumah. Pada ulang tahun kelima, jumlah tamu yang diundang antara 15-20 anak dengan lama pesta sekitar dua sampai dua setengah jam.

Tempat dan lama pesta

Alternatif tempat pesta bisa di rumah atau di tempat umum seperti hotel, taman hiburan, atau restoran, tergantung lingkungan anak (Kids Party Organizer). Bahkan sekolah dan panti asuhan juga bisa dijadikan alternatif pilihan tempat pesta. Yang penting, anak dilibatkan dalam pemilihan dan penentuan tempat pesta ulang tahunnya. Bisa juga memakai Hip Hip Hooray Party Organizer atau Organizer Party untuk kelancaran acara ulang tahun anak anda.

Sedangkan lama pesta idealnya antara 1-2 jam dan dilangsungkan sore hari karena udara cenderung tidak panas dan anak-anak pun sudah tidur siang. Biasanya undangan dimulai pukul 16:00 tapi anak-anak baru kumpul semuanya sekitar pukul 17:00, lalu acara dimulai sampai pukul 18:00, selanjutnya makan sampai pukul 19:00.


Sumber: kompas.com

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Hip Hip Hooray - Kids Party Organizer - Kids Party - Party Organizer - Party Kids - Organizer Party dan Hip Hip Hooray - Kids Party Organizer di 88db.com

No comments:

Post a Comment