Monday, June 1, 2009

Tips Memberi Makan Kelinci



Membeli Kelinci Hias & Beauty Rabbit memang menyenangkan, selain terlihat imut dan lucu, juga jinak. Bagi sebagian besar anak-anak akan senang bila memperoleh hadiah kelinci kecil tersebut.
Tapi ingat … memelihara Kelinci Hias & Beauty Rabbit gampang gampang susah. Selain suka ngambek makan juga kadang kurang bisa menyesuaikan keadaan dan akibatnya kelinci kecil bisa-bisa mati.

o KANDANG yang ada di Jual Kelinci & Jual Kelinci Hias harus selalu bersih, sinar matahari bisa langsung masuk, tidak lembab dan usahakan terbuat dari ram-raman yang memungkinkan sirkulasi udara lancer. Baik terbuat dari bambu maupun kawat ram, yang terpenting landasan untuk pijakan dibuat rata (dari papan juga bisa) asal lobang-lobang untuk memungkinkan kotoran bias terus jatuh kebawah.
o Ukuran kandang di sekat perekor yang ada di Jual Kelinci & Jual Kelinci Hias. Minimal ukuran 50 x 50 cm. Buatkan tempat makanan tersendiri agak tinggi agar tidak terinjak-injak.
o Bagi Jenis Kelinci & Jenis Kelinci Hias siap beranak siapkan kandang yang lebih luas. Siapkan pula kotak kecil yang diberi rerumputan kering agar hangat dan nyaman untuk persiapan anak kelinci lahir.
o MAKANAN Jenis Kelinci & Jenis Kelinci Hias bisa dari hijau-hijauan, misalnya : rumput lapangan atau kangkung dan sayur mayur yang lain. Usahakan rumput maupun sayur yang diberikan dalam keadaan layu, kecuali makan sendiri di alam saat dilepas.
o Jangan dicuci agar kadar air dalam sayuran sangat rendah. Selain makanan tersebut, kelinci juga menyukai ubi jalar maupun pohon, dedak/ bekatul, bungkil kelapa dan sebagainya. Usahakan makanan kelinci tidak satu jenis secara terus menerus. Hal ini akan menyebabkan kelinci manja dan susah makan makanan yang lain.
o Pemberian makanan yang tepat sore hari kira-kira mulai jam 18.00 sampai pagi hari jam 07.00. (Kelinci atau Rabbit biasanya makan sepanjang malam). Siang hari boleh diberikan makanan tambahan secukupnya.
o Sediakan tempat makan tersendiri agar tidak terinjak-injak dan terkena kencingnya sendiri.
o Usahakan agar Kelinci atau Rabbit muda tidak secara terus menerus terkena tanah yang becek dan lembab. Sebab akan terkena penyakit gatal (bhs jawa : gudigen) Semoga trik singkat ini akan bermanfaat bagi penggemar kelinci, khusunya pemula.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Kelinci Hias - Beauty Rabbit - Jual Kelinci - Jual Kelinci Hias - Jenis Kelinci - Jenis Kelinci Hias - Kelinci - Rabbit dan Kelinci Hias / Beauty Rabbit: Jual Kelinci Hias-Jenis Kelinci Hias Jakarta di 88db.com


http://keithblue.wordpress.com/

No comments:

Post a Comment