Tuesday, June 16, 2009

Prospek Bisnis Batik

Tentu masih segar diingatan kita, awal 2008 lalu, warna ungu (purple) menjadi tren warna 2008. Kalangan masyarakat menilai, warna ungu diidentikkan sebagai warna gaul. Menginjak pertengahan 2008, batik Solo dari grosir batik di pasar klewer mulai booming. Batik dari grosir batik Solo mulai bergeser dari pakaian resmi atau formal ke pakaian sehari-hari, kantor pemerintahan dan swasta pun mulai mewajibkan para pegawainya mengenakan baju batik Solo setiap hari Jum’at, sehingga tak heran pada hari itu, kita banyak melihat orang-orang mengenakan baju batik murah dengan beberbagai style. Batik sebagai warisan luhur bangsa Indonesia yang merupakan karisma khasanah fashion di kancah nasional diharapkan mampu menembus pasar international. Batik merupakan satu upaya untuk menarik para wisatawan asing dalam program pemerintah “Visit Indonesia Year 2008”.

Kerajinan batik murah yang berasal dari daerah-daerah sentra batik seperti : Pekalongan, Jogjakarta, Solo, Cirebon sudah lama kita kenal. Bahkan saat ini, corak batik yang berasal dari daerah Sumatera sudah dapat kita temui. Para pengusaha batik Solo dari grosir batik mulai melirik tren batik di grosir batik Solo yang semakin menarik ini. Beberapa pusat perbelanjaan baju batik Solo di Jakarta seperti Plaza Semangi, pada awal Agustus lalu mengadakan bursa baju batik murah di lantai dasarnya. Harga pasar klewer yang ditawarkan bervariatif dari 100-400 ribu rupiah perpotong. Selain itu, toko-toko batik murah yang khusus menjual batik seperti Batik Keris, Danarhadi, ataupun Terang Bulan setiap harinya ramai dikunjungi pembeli.

Batik di Pasar Beringharjo ditawarkan dari harga 30.000 hingga 100.000 per potong. Seperti contoh ‘srimbit’ yang merupakan pakaian bagian atas (top) yang dibuat sepasang untuk lelaki dan wanita, beberapa orang menyebutnya batik ‘Papi Mami’ yang ditawarkan dengan harga 100.000, harga yang cukup fantastis dibandingkan dengan harga-harga yang ditawarkan di Plaza-plaza Jakarta, jika kita membeli minimum 12 potong (1 lusin), harga yang diberikan bisa lebih murah lagi. Selain itu, mode-mode dari batik sekarang sangat bervariatif, ada yang resmi seperti : blouse dan kemeja. Untuk yang semi formal seperti baju dengan aksen tali ataupun rumbai pada pinggangnya dan ada juga daster sebagai pakaian tidur yang banyak dikenakan. Batik tidak lagi monoton seperti dulu, mungkin hal ini lah yang membuat batik semakin banyak penggemarnya.

Keuntungan yang dapat diperoleh berkisar Rp 4.000-15.000 untuk setiap potongnya. Nominal ini sekilas nampak kecil, namun bila dalam sehari, kita mampu menjual sampai 100 potong maka dalam sehari keuntungan yang diterima sebesar Rp 800.000 (dihitung keuntungan rata-rata Rp 8.000). Beberapa penjual batik juga membidik pasar perumahan elite di Jakarta dengan cara direct selling, hal ini dilakukan untuk medapatkan keuntungan yang berlipat ganda hingga bisa mencapai 2-3 kali lipat dari modalnya. Menarik bukan?? Ada yang tertarik dengan bisnis ini??

http://www.ikaittsttt.org/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Batik Solo | Grosir Batik | Grosir Batik Solo | Baju Batik Solo | Baju Batik Murah | Pasar Klewer | Batik Murah | Batik di 88db.com

No comments:

Post a Comment