Wednesday, July 29, 2009

Penggunaan Genset: Alternatif Selain Listrik

Berhubung negara ini suka pemadaman listrik mendadak dan tanpa pemberitahuan (sudah tradisi), banyak pengusaha menggunakan alternatif lain yang bisa mengurangi resiko terancamnya usaha mereka. Tentu saja segala aktivitas yang berhubungan dengan listrik akan mempengaruhi kinerja dan pendapatan mereka dalam hitungan hari, bahkan dalam hitungan jam.

Penggunaan genset menjadi salah satu faktor dominan yang sangat dicari sebagai solusi dari pemadaman listrik di tanah air. Makanya juga sekarang banyak tempat
jual genset sesuai dengan perkembangan tsb.


Beberapa tips yang dapat diterapkan di antaranya :


Pertama, tidak menempatkan
genset di dalam ruangan, mengingat karbonmonoksida yang dihasilkannya dapat mengontaminasi kualitas udara di dalam rumah yang tidak boleh dihirup manusia. Untuk amannya, letakkan genset di ruangan luar dengan sirkulasi udara yang baik namun tetap terlindung dari hujan dan aliran udara tidak mengarah ke dalam ruangan.


Penempatan ini juga sebaiknya menggunakan system grounding untuk system listrik di rumah, sehingga kelebihan arus listrik yang ditimbulkan medan magnet dapat tersalurkan ke tanah dan menghindari terjadinya sengatan listrik.


Kedua, usahakan untuk tidak menggunakan genset melebihi kapasitasnya dan biasakan menghidupkan barang elektronik yang memerlukan daya listrik paling besar terlebih dahulu.


Ketiga, perawatan seperti
genset diesel, genset gas, maupun jenis genset lain secara langsung akan berpengaruh pada kinerja genset. Jika setiap komponen genset dirawat dan dijaga kondisinya, maka kinerjanya menjadi lebih baik serta memberi keamanan selama proses bekerja. Itu sebabnya, selain dibersihkan secara berkala, periksalah volume oil, air radiator, dan tangki bahan bakar secara teratur dan melakukanpenggantian dengan rutin. Banyak tempat kita belajar untu merawatnya, sasalah satunya adalah dari tempat jual genset. Di sana bisa menanyakan keluhan seputar genset.


Dianjurkan juga untuk menyalakan genset setiap minggu sekali tanpa diberi beban untuk sirkulasi oli sehingga seluruh komponen genset (semisal
genset gas, genset diesel, dll) lebih tahan lama. Kencangkanlah baut-baut genset jika ada yang kendur dan lakukan service tenaga ahli.


www.speedytown.com


Dukung Kampanye
Stop Dreaming Start Action Sekarang

No comments:

Post a Comment