Wednesday, August 26, 2009

Memilih Sarung Jok Kulit



Bila - keinginan untuk menerapkan sarung jok kulit dipilih sebagai satu cara mempercantik penampilan kendaraan anda, maka hati-hati dalam menentukan bahan yang berkualitas. Karena bukan tidak mungkin, dana besar yang sudah dikeluarkan tak sebanding mutu dari jok yang dibeli.
Jangan tertipu dengan merek ternama yang sering diiklankan di media massa, sebab boleh jadi merek tersebut dipalsukan oleh sejumlah oknum. Kenali bahannya terlebih dahulu, apakah menginginkan kulit sintetis atau kulit asli. Kulit sintetis biasanya lebih murah dari kulit asli.
Untuk sarung jok semi kulit ini, konsumen dikenakan biaya antara rp1 juta - rp4 juta tergantung besar kecilnya bidang yang ingin dibalut kulit. Semakin banyak atau lebar, maka semakin mahal biaya yang dibutuhkan. Untuk sepeda motor, bahkan terkadang tidak lebih dari rp1 juta.
Selain itu sarung jok kulit sintetis biasanya banyak varian warnanya, hingga pilihan warna yang cenderung mencolok. Perawatan kulit jenis ini pun relatif lebih mudah dibandingkan kulit asli. Meski demikian, bahan ini mempunyai beberapa kelemahan, seperti tidak memiliki daya tahan yang lama.
Kulit akan mudah melar apabila terus-menerus terkena sinar matahari langsung. Biasanya hal ini terjadi dalam waktu satu tahun. Kemudian, jenis semi kulit ini juga tidak menyerap panas, yang efeknya bisa membuat kurang nyaman ketika digunakan pengendara dalam waktu yang lama. Kulit manusia bisa mudah berkeringat jika bergesekan dengan jok tersebut.
Semua kekurangan dalam sarung jok kulit sintetis tidak ditemukan di kulit asli. Biasanya kulit yang digunakan kulit sapi yang telah mengalami proses sedemikian rupa, sehingga tidak mudah kusam ataupun memuai. Kulit asli juga terasa lembut dan sejuk jika terkena tubuh manusia. Karena itu tak heran harganya mencapai dua kali lipat kulit sintetis.
Tetapi ada yang perlu diperhatikan ketika memilih jok kulit asli. Pertama, detail permukaan kulit harus lembut dan halus. Cobalah meremasnya, kulit yang berkualitas akan terasa kenyal atau liat ketika digenggam. Kulit asli juga biasanya memiliki efek warna yang basah, namun tidak terlalu mengkilap ketika terkena sinar matahari.
Selanjutnya, pastikan toko jok kulit tersebut memberikan garansi pada produk bengkel jok kulit, sebab kulit yang berkualitas harus mampu bertahan untuk jangka waktu yang lama dan tidak mudah tergores, retak ataupun berjamur.

Dukung kampanye
stop dreaming start action

http://autos.okezone.com

No comments:

Post a Comment