Monday, June 1, 2009

Tips Audio & Sound System

"Tata suara" barangkali terjemahan paling mendekati untuk istilah "Sound system". Namun para praktisi lebih menyebut sound system untuk seperangkat peralatan reproduksi suara yang meliputi microphone, kaset/tape recorder - player, mixer (pencampur suara), amplifier, speaker monitor.

Selain untuk kesenangan semata, perangkat Sound system digunakan untuk tujuan-tujuan komersil seperti stasiun radio, stasiun tv, public address dan masih banyak lagi misalnya Concert Sound System dan Wedding Sound System.

Tips

Memang benar sound system berkualitas menghasilkan reproduksi suara atau bunyi berkualitas pula (Wedding Sound System). Namun demikian sistem pemasangan maupun perkabelan dapat menimbulkan distorsi jika dilakukan sembarangan. Bentuk distorsi dapat berupa desis/nois, hum, brooning.

Di bawah ini ada tips yang boleh dipakai sebagai pedoman :

1. Jika memungkinkan susun peralatan sound system (Concert Sound System) secara vertikal dalam satu rak.
2. Gunakan kabel sependek mungkin.
3. Gunakan kabel warna (merah/hitam) dari amplifier ke speaker agar tidak terbalik.
4. Pasang blower atau kipas angin jika power output amplifier cukup tinggi.
5. Grounded atau bumikan seluruh peralatan sound system pada satu titik dengan kabel tunggal diameter 2 - 3 mm.
6. Gunakan sekring tersendiri untuk masing-masing alat. Lihat Sound System Rental dan Wedding Sound System Rental

Sebagai contoh, kaset dengan CD. Kaset menyimpan signal-signal audio secara magnetik. Dalam kurun waktu tertentu signal magnetik ini dapat menurun/melemah (weakness) akibat gaya tarik-menarik diantara kutub-kutub magnet berdekatan. See Sound System Rental dan Wedding Sound System Rental.

CD menyimpan signal-signal audio dalam bentuk titik-titik optise-lektris yang teoritis tidak akan mengalami perubahan dalam jangka relatif lama (Sound System Rental). Dengan demikian kualitasnya lebih unggul dibanding kaset. Dari perbandingan sekilas tadi and dapat menentukan pilihan anda.

Sumber: e-dukasi.net

Temukan info Sound System Rental - Wedding Sound System Rental - Wedding Sound System - Concert Sound System Rental - Concert Sound System - Sound dan Sound System Rental: Wedding Sound System Rental & Concert Sound System Rental hanya di 8db.com

1 comment:

  1. mmmm, saya mau minta tolong nih, saya masih belum menemukan artikel atau refferensi yang membahas tentang berapa detail biaya yang dibutuhkan, komponen apa saja yang diperlukan untuk merakit atau membuat seperangkat alat sound system lengkap tetapi dengan kualitas yang sederhana saja..

    ReplyDelete