Tuesday, July 14, 2009

Desain Cutting Sticker

Dalam dunia modifikasi, urusan ganti warna body full atau per bagian dan penambahan motif dengan cara cepat dan relatif lebih murah dari pengecatan, cutting stikcer selalu menjadi pilihannya. Saat ini pun telah banyak bengkel modifikasi yang berkembang hingga melayani pembuatan cutting sticker.

Menurut salah satu seorang desain cutting stiker dari workshop Zeroyone Racing, Firdaus, “bahan yang digunakan dalam cutting stiker bermacam –macam, yaitu seperti bahan jenis oracle, every, (Scotchlite) dan stiker. Semuanya bahan tersebut itu bisa motif sesuai desain yang kita inginkan melalui alat khusus cutting sticker. Pada umumnya yang biasa dipakai adalah bahan oracle yang terbagi lagi dalam 2 jenis, yaitu Doff dan Gloss.


Proses pemasangannya tidak membutuhkan waktu yang lama, sehari jadi pun bisa dilakukan. Khusus untuk body mobil yang banyak lekukan, terutama buat body mobil yang terdapat cacat berupa penyok,
cutting sticker tidak dapat sempurna menutupinya, karena tidak ada proses pendempulan. Daya tahan, cutting sticker umumnya bertahan ± 1 tahun, bila dirawatpun sebaiknya dalam waktu 1 tahun harus diganti atau dilepaskan, karena biasanya warnanya sudah terlihat mulai memudar.


Dalam hal perawatan, untuk yang jenis doff sangat peka terhadap kotoran namun tidak mudah luntur, khusus yang berwarna putih, pengguna harus lebih sering untuk membersihkannya, karena bila terlalu kotor akan sulit untuk dibersihkan. Kalau yang gloss itu gampang di bersihkan, tinggal ambil lap basah lalu lap kotoran yang ada di cutting
sticker. Penggunaan bahan lap juga harus yang halus, jangan sering menggosoknya dengan produk perawatan khusus untuk cat, karena warnanya akan lebih cepat memudar.


Untuk proses pengerjaannya, cutting
sticker bisa memakan waktu ± 1 - 4 hari, tapi itu juga tergantung dari jenis mobil dan juga desain. Bicara harga, Cutting sticker seperti di Zeroyon mematok harga mulai ± 1 juta untuk pengerjaan yang simple dan untuk yang ekstrim dipatok dengan range harga ± 2 - 4 juta dan tergantung dari tingkat kesulitan konsep yang diusung.


www.situsotomotif.com

Dukung Kampanye
Stop Dreaming Start Action Sekarang

No comments:

Post a Comment