Friday, July 10, 2009

Manfaat Lab Bahasa bagi Sekolah

Sekolah atau instansi yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap tentu menjadi nilai jual dan nilai lebih di banding sekolah lainnya yang tidak ada pelengkap proses belajar mengajar. Salah satu hal penting dalam kegiatan belajar mengajar adalah adanya laboratorium penunjang. Misalnya Lab IPA ataupun lab bahasa.

Mengingat persaingan kerja sekarang saja sudah sedemikian ketatnya, maka mau tidak mau sekolah harus mempesiapkan lulusannya agar bisa bersaing dalam lapangan pekerjaan. Kompetisi global membutuhkan ketrampilan berbagai aspek, salah satu aspek penting adalah penguasaan bahasa inggris ataupun bahasa asing lainnya. Dengan menguasai bahasa inggris, minimal lulusan sekolah sudah memiliki bekal ketika wawancara pekerjaan. Dengan adanya lab bahasa yang lengkap dengan alat lab bahasa dan software lab bahasa. Dengan adanya sistem komputer digital, semakin memudahkan proses belajar bahasa asing.

Laboratorium Bahasa Multimedia adalah berupa perangkat elektronik audio maupun video yang terdiri dari instructor console sebagai mesin utama. Selain itu juga dilengkapi dengan perangkat multimedia lainnya seperti Tape Recorder, VCD/ DVD Player, monitor atau ada juga repeater language learning machine. Selain itu ada pula komponen komputer multimedia sebagai komponen tambahan yang dapat dikombinasikan dengan kesemuanya itu. Bila itu dilakukan, maka tampillah lab bahasa dan alat lab itu sebagai laboratorium bahasa multimedia.

Artinya, peralatan lab bahasa itu mencakup berbagai jenis media dengan fungsi masing-masing yang bervariasi. Dengan laboratorium bahasa multimedia, guru kreatif dapat memanfaatkan aneka jenis program pelajaran bahasa asing baik yang dikemas dalam bentuk kaset audio, video, maupun CD interaktif. Bahkan, dengan alat lab bahasa dan software lab bahasa ini guru juga dapat memanfaatkan kemampuan dirinya dalam memfasilitasi siswa agar terlibat dalam proses komunikasi secara aktif melalui headset dan microphone yang tersedia pada masing-masing meja siswa.

trustlaboratory.wordpress.com

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

No comments:

Post a Comment