Thursday, July 9, 2009

Tips Jaringan Bisnis Networking bagi yang Kuper

Apakah Anda orang yang kuper alias kurang pergaulan?.., jangan takut Anda tidak sendirian, banyak orang di luar sana yang merasa dirinya kuper…dan saya berusaha mengurangi rasa kuper itu sedikit demi sedikit dengan kiat-kiat sederhana yang saya jalankan berikut ini.

Untuk mendapatkan kesuksesan di jaman sekarang ini salah satu ketrampilan yang harus dimiliki seorang pebisnis atau eksekutif perusahaan adalah membangun Jaringan Bisnis atau networking. Membangun Jaringan Networking bukan lagi sekedar ketrampilan tetapi sekarang menjadi “necessary to have” (harus dimiliki). Jaringan Bisnis Networking bukan hanya dilakukan dengan pihak eksternal organisasi tetapi juga dengan internal organisasi.

Bahasa kerennya kuper adalah introver. Orang dengan tipe introver mendapatkan energi dari dalam dirinya sendiri. Mereka tidak suka bertemu dengan banyak orang, bila pun menghadiri pertemuan maka ia akan berinteraksi dengan hanya beberapa orang saja, juga lebih banyak sebagai pendengar. Bagi seorang kuper Membangun Jaringan networking memang membutuhkan waktu dan usaha, pertanyaannya adalah apakah karena karakterisktik seorang kuper menghalangi mereka dalam Membangun Bisnis networking?

Pada dasarnya Membangun Jaringan Bisnis networking adalah usaha membangun hubungan dengan orang lain, bisa dalam bentuk interaksi atau pertukaran informasi. Setiap orang harus punya gaya sendiri dan pendekatan Jaringan networking yang khas, manjur dan sesuai dengan kepribadiannya,.

1.Eksplorasi Kelebihan, Temukan Keunggulan.

Gali kelebihan yang dapat digunakan untuk mengembangkan hubungan dengan orang lain. Beberapa diantaranya yang khas adalah senang mendengarkan orang lain, bisa mengingat hal kecil, senang membantu, tidak sungkan memberikan pujian.

2.Miliki Alternatif yang Sesuai Gaya dan Kelebihan Anda.

Beberapa kegiatan ini mungkin baik bagi Anda, misalnya:

a. Perkuat hubungan non-tatap muka, misalnya dengan mengirimkan e-mail/SMS berisa cerita, anekdot, atau humor, untuk menyegarkan hubungan Jaringan Online.

b. Memanfaatkan kegiatan seminar atau training daripada pergi ke pesta.

c. Kirimkan kartu ucapan selamat, sebagai tindak lanjut dari informasi yang dimiliki atas diri target networking.

3.Tetapkan Target Spesifik dan Realistik

Tujuannya adalah agar Anda dapat mengukur dan mengevaluasi progress dari usaha Anda mengasah ketrampilan networking dan secara bertahap dapat meningkatkan target Membangun Bisnis networking Anda,

4.Miliki Skenario

Tak jarang orang introver merasa tidak nyaman bila harus menelepon seseorang yang belum dikenalnya. Adanya panduan dan skenario akan membantu untuk mengembangkan pembicaraan.

5.Pertolongan: Komoditi seorang “networker”

Setiap orang mempunyai kebutuhan akan referensi, di situlah kita bisa mengembangkan Jaringan Online networking.

Membangun Jaringan Bisnis networking merupakan alat untuk membangun hubungan jangka panjang. Siapapun dapat melakukannya, dan banyak alternatif untuk mewujudkannya, sesuai dengan karakteristik pribadi masing-masing. Selamat mencoba.

tekondiroga.wordpress.com

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

No comments:

Post a Comment