Friday, July 24, 2009

Tips Menjadi MC Handal

Nah, disini saia akan memberikan beberapa tips yang menarik dan bermutu buat kamu2 yang baru mau jadi MC atau blm terlalu menguasai profesi ini. Beginilah kira2 tips itu :

1. Kenali peranmu
Peran seorang MC adalah untuk mempertahankan sebuah acara agar berjalan lancar, mempertahankan energi para peserta/penonton agar semangat, membantu para peserta agar merasa disambut dgn baik dan membuat para pembicara/pengisi acara merasa dihargai, dan masi banyak lagi. Jadi gak cuma hanya memberikan informasi dan gak cuma sebagai timekeeper aja.

2. Kenali kelompok-kelompok peserta
Maksudnya adalah menyambut para penonton/peserta yang tidak berasal dari daerah tempat acara berlangsung. MC harus memastikan bahwa semua penonton adalah sama, tidak memberikan perlakuan khusus pada mereka yang merupakan "tuan rumah".

3. Ringkaslah apa yang dikatakan oleh pembicara
Poin ini penting bgt buat diperhatikan. Jadi setiap seorang pembicara selesai bicara, MC harus bisa mengambil intisari dari apa yang dibicarakan oleh pembicara tersebut, atau setidaknya bagian penting dari isinya, untuk disampaikan kepada penonton/MC service.

4. Pertahankan waktu yang ditentukan
Dalam sebuah acara, tidak dipungkiri bakal ada alokasi waktu yang kurang sesuai dengan rundown acara, entah itu molor atau kecepatan. Untuk itulah MC (training mc) harus bisa mengatur agar waktu tetap berjalan sesuai dengan rundown.

5. Buat penonton bersemangat
Kadangkala pada suatu acara pasti ada penonton yang merasa bosen atau ngantuk karena isinya kurang menarik atau apa/MC service.

6. Jangan bicara terlalu cepat, ucapkan setiap kata dengan intonasi yang jelas (training mc)

7. Usahakan untuk rileks, kalo gugup tarik nafas yang panjang dan dalam kemudian bergeraklah untuk melemaskan otot.

8. Buat catatan kecil untuk membantu mengingat apa yang akan dikatakan, entah itu joke, cerita atau memberikan informasi

Huff..dah banyak kan?gimana, kira2 dah siap blm kl disuruh jadi MC? kl saia sie jelas...GAK SIAP!! huahahahaha... emank kl menulis tu gampang ya, coba aja kl di lapangan langsung, pasti semua teori bakal buyarrrrr..tp semoga itu ga terjadi buat kamu2 yang baca ini..Selamat mencoba jadi MC!!

aadym.blogspot.com

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

No comments:

Post a Comment