Wednesday, July 1, 2009

Bersihkan Setelah Selesai Menjahit

Sebagai seorang penjahit atau orang yang hobi menjahit, merawat mesin jahit dari distributor mesin jahit adalah sebuah keharusan.Seperti halnya mesin mobil atau motor, mesin jahit dari distributor mesin juga harus dirawat, kalau perlu dilakukan tune up berkala. Berikut ini adalah sedikit tips dalam merawat mesin jahit yamata supaya awet dan tidak cepat rusak :
1. Setelah selesai menjahit, segera bersihkan mesin dari sisa-sisa benang atau potongan kain.Untuk membersihkannya bisa menggunakan kuas kecil, kalau aku biasa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot sisa-sisa kain yang masuk kedalam sela-sela meja mesin jahit dari distributor mesin jahit.Selain bermanfaat agar mesin tetap bersih, sisa-sisa potongan kain dan benang bisa menggangu kesehatan/pernapasan, khususnya bagi anak-anak loh.

2. Mesin jahit dari distributor mesin terdiri dari bagian-bagian yang sering bergerak dan saling bergesekan, untuk mencegah aus, berilah minyak khusus mesin jahit. Jangan gunakan sembarang minyak seperti minyak sayur sebab bisa menimbulkan karat dan kerusakan.Khusus untuk mesin jahit multifungsi, biasanya ada tombol/knop yang bisa diputar-putar untuk memilih model jahitan, nah biasanya gigi-giginya perlu di olesi gemuk/vaseline supaya tidak cepat aus. Aku biasa meminyaki mesin jahit seminggu sekali.

3. Untuk komponen suku cadang biasanya jarang sekali rusak, tapi jika sudah saatnya diganti, segeralah di ganti/di servis.Misalnya pisau mesin obras yang sudah tumpul atau karet dinamo yang sudah getas/pecah-pecah dan mesin dinamo yang sudah lemah.Bila tidak cepat diganti, akan mempengaruhi kualitas jahitan mesin tsb, misalnya potongan obras yang tidak bagus.

http://remixsport.wordpress.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Distributor Mesin Jahit - Distributor Mesin - Mesin Jahit - Jahit di 88db.com

No comments:

Post a Comment