Friday, June 22, 2012

Belajar Perawatan Mesin Mobil




Merawat mesin mobil memang perlu intensif karena, mobil yang anda gunakan secara rutin bisa terjadi kerusakan bila tidak dirawat dengan baik, bagaimana perawatan mesin mobil yang baik?, simak tipsnya berikut ini:


1. Perhatikan Penggantian Oli Mobil Pribadi
Oli merupakan sesuatu yang vital bagi mesin mobil. Oli berperan mengurangi gesekan-gesekan internal di dalam mesin. Tanpa adanya oli, gesekan-gesekan ini akan membuat komponen mesin tertentu cepat rusak atau aus. Oleh karena itu, penggantian oli mesin mobil harus dilakukan secara rutin berdasarkan jarak tempuh kendaraan.

2. Perhatikan Ketinggian Oli Mobil Pribadi
Ketinggian oli juga perlu diperiksa secara rutin. Hal ini karena ketika mesin dijalankan, panas yang terjadi pada mesin mungkin saja membuat jumlah oli di dalam mesin berkurang, sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan mesin.

3. Periksa Keadaan Radiator Mobil Pribadi
Radiator pada mesin mobil berperan untuk menjaga suhu mesin tetap “dingin”. Artinya, radiator merupakan komponen yang berfungsi untuk menjaga mesin agar tidak cepat panas (over heating). Dengan rutin memeriksa radiator yang meliputi pemeriksaan kebocoran, pengurasan, dan penggantian air, maka performa radiator akan tetap terjaga, sehingga tugasnya sebagai pendingin mesin akan tetap terjaga. Idealnya penggantian atau pengurasan air radiator dilakukan untuk setiap jarak tempuh sekitar 10.000 km.

4. Pastikan Tangki Bensin Mobil Pribadi Tidak Berkarat
Susah memang untuk memastikan tangki bensin tidak berkarat. Akan tetapi, untuk mencegah hal ini, sebaiknya Anda selalu memperhatikan volume bensin. Tangki dengan bensin yang penuh akan mengurangi proses perkaratan. Oleh karena itu, sebaiknya jangan biarkan tangki bensin dalam keadaan kosong (low) terlalu lama karena bagian yang tidak terkena bensin akan mudah berkarat.

5. Periksa Timing Belt Mobil Pribadi
Timing belt merupakan sabuk yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang terhubung ke bagian internal mesin. Timing belt yang rusak atau kondisinya tidak baik ditandai dengan adanya suara-suara dengung yang bising ketika mesin mulai dijalankan. Kerusakan pada timing belt yang dibiarkan berlarut akan menyebabkan timing belt tersebut putus dan putusnya timing belt secara tiba-tiba akan membuat komponen-komponen tertentu pada mesin rusak. Selain itu, suplay listrik pada akumulator bisa tidak maksimal.

6. Mobil Pribadi - Lakukan Tune Up Secara Rutin
Tune up rutin ke bengkel-bengkel akan membuat mesin tetap awet. Hal ini karena pada proses tune up, keadaan komponen-komponen vital yang berhubungan dengan mesin, seperti busi, filter bahan bakar, dan oli akan terperiksa.

7. Mobil Pribadi - Sesekali Lakukan Penarikan Gas dengan Kuat
Penarikan gas dengan kuat ketika kendaraan melaju dapat membuat kerak pada ruang pembakaran semakin berkurang, tetapi lakukan hal ini sesekali saja.

Demikiantipsnya dalam merawat mesin mobil semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang suzuki ertiga spec

No comments:

Post a Comment