Friday, June 15, 2012

Obat Alami untuk Amandel

Penyakit amandel disebabkan oleh mikroorganisme seperti jamur, bakteri dan bahkan virus sehingga akan menibulkan gejala berupa penyakit alergi pada bagian tubuh kita.

Amandel atau tonsil adalah dua tonjolan daging kecil yang terletak pada kerongkongan di kanan dan kiri tekak, di belakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Amandel berfungsi untuk membuat limfosit, yaitu sejenis sel darah putih yang bertugas membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut.

Peradangan pada amandel disebabkan oleh kuman dan virus yang masuk melalui mulut sehingga menyebabkan amandel jadi membengkak dan merah serta menimbulkan rasa gatal, sakit atau radang tenggorokan, sakit saat menelan, demam, sakit kepala, muntah, sakit perut, lemas, dan tidak bersemangat. Jika pembengkakan sudah terlalu besar, akan menyatu dan dapat menghalangi jalan pernapasan.

Jika hal ini sudah terjadi, Anda bisa mencoba ramuan tanaman obat tradisional dibawah ini:

* Sambiloto
Bahan:
- Sambiloto segar 30 gram
- Daun cocor bebek segar 10 lembar
Cara membuatnya: Cuci bersih bahan dan rebus dengan air 600cc hingga mendidih dan sisa setengahnya. Saring dan gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan 2 kali sehari.

* Jeruk Nipis
Bahan:
- Jeruk Nipis 1 buah
- Rimpang kunyit 1 ibu jari
- Madu
Cara membuatnya: Peras jeruk nipis dan parut rimpang kunyitnya dan peras. Campurkan keduanya dan tambahkan 2 sendok madu dan air setengah gelas. Aduk dan saring. Minum 2 kali sehari.

* Daun Sambung Nyawa
Bahan:
- Daun sambung nyawa 7 lembar
Cara membuatnya: Cuci bersih bahan dan rebus dengan air 400cc hingga mendidih dan sisa 200cc. Minum airnya selagi hangat 2 kali sehari.

* Mengkudu
Bahan:
- Mengkudu 2/3 buah
- Madu
Cara membuatnya: Cuci bersih Mengkudu, kemudian di jus dan tambahkan madu secukupnya. Lakukan 2 kali sehari


Berbagai sumber

No comments:

Post a Comment