Tuesday, April 28, 2009

Memilih Souvenir Ultah Anak Anda

Kerajinan dari toko souvenir adalah salah satu keunggulan daya tarik wisata yang mampu mendukung Yogyakarta sebagai kota pariwisata. Beragam kerajinan untuk souvenir unik ada di kota ini , banyaknya kerajinan untuk aneka souvenir tersebut, membuat sebagian orang ingin terus berinovasi, menciptakan karya karya souvenir promosi baru. kerajinan pelepah pisang untuk souvenir handicraft ini misalnya, kerajinan untuk handicraft souvenir yang digeluti oleh pak wardani sejak tahun 2000 di dusun pringgolayan,baguntapan bantul ini, mampu menembus pangsa pasar Internasional. berawal dari usahanya dibidang kerajinan kayu untuk dijual di toko souvenir, yang semakin lama semakin sulit, ia mencoba berkarya pada kerajinannya dengan menggunakan media pelepah pisang untuk aneka souvenir. Usaha ini ternyata mampu menarik tenaga kerja yang cukup banyak , di tengah masa masa sulit seperti ini ,usahanya dapat memperkerjakan para pemuda di kampungnya, yang menurutnya untuk mengurangi pengangguran. Tidak semua pisang dapat digunakan untuk kerajinan membuat souvenir unik ini ,Bahan baku untuk souvenir promosi yang digunakan biasanya pisang gepok, pisang raja ,dan pisang ambon. untuk prosesnya , pelepah pisang yang didatangkan dari daerah parang tritis ini di pilih yang bagus, atau kelihatan teksturnya kemudian diambil kulit arinya yang kemudian ditempel dan dipanaskan menggunkan solder hingga halus dan melekat , baru diamplas dan difinishing. untuk finisingnya , barang setengah jadi tersebut dirapikan dan di semprot menggunakan melamin agar pelepah pisang tersebut dapat mengkilat. untuk tambahan asesoris mereka menggunakan rotan sebagai pemanis. menurutnya produk yang dapat dihasilkan dari kerajinan pelepah pisang untuk souvenir handicraft ini cukup beragam. Kerajinan Pelepah pisang untuk handicraft souvenir ini, mampu mencapai pasar internasional , seperti negara negara di Amerika Australi dan jerman, yang pemasarannya langsung diambil oleh triding atau pengepul. akibat kenaikan BBM akhir akhir ini ternyata juga berdampak terhadap industri kerajinan tersebut.

Melalui pengalaman dan ketekunan di dalam memproduksi suatu barang apapun , apapun yang dihasilkan , pastilah barang yang dibuat , akan baik . Selain itu , berusahalah untuk tetap menjaga kualitas atau mutu barang yang dihasilkan . Dengan hanya memanfaatkan pelepah pisang , dan sebagainya , melalui tangan-tangan terampil , maka , dusun pringgolayan,baguntapan bantul ini, masyarakatnya dikenal sebagai industri pembuatan kerajinan pelepah pisang.

(Tommy)

http://apakabarjogja.wordpress.com/

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di Toko Souvenir - Aneka Souvenir - Souvenir Unik - Souvenir Promosi - Souvenir Handicraft - Handicraft Souvenir dan Souvenir Unik & Souvenir Promosi : Toko Aneka Souvenir & Souvenir Handicraft Tanjung Barat Jakarta di 88db.com

No comments:

Post a Comment