Tuesday, April 28, 2009

badut dan Sulap

KETIKA situasi perekonomian rakyat Indonesia masih tidak menentu dan banyak orang, khususnya politisi, hanya sibuk cuap-cuap mencari sistem yang pas untuk menuju konsep reformasi menuju Indonesia Baru, pesulap Ohak Kohar (57) asal Garut (Jawa Barat) yang tinggal di Bogor malah sibuk mencari gerakan-gerakan untuk melahirkan pertunjukan yang mengasyikkan ditonton publik. Lihat Desain Kostum Badut dan Badut Jakarta

Sebagai pesulap, Kohar mengaku tidak mungkin menyulap orang-orang menjadi bersih seratus persen dari tindakan makar, korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Apalagi, sampai harus sibuk menjalankan praktik lobi-lobi politik, menyongsong Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) .
"Yang saya lakukan hanyalah menunggu panggilan (Badut Ulang Tahun)," ujar Kohar di Bogor baru-baru ini. Sejak tahun 1996, ia membuka usaha badut dan sulap panggilan di rumahnya dari Jual Kostum dan Desain Kostum Badut, Jalan Baru (Simpang Tiga), Bogor. Untuk memudahkan konsumen yang ingin dihibur dengan badut dan sulap, ia memasang nomor telepon ukuran besar di halaman rumahnya. Promosi yang sama dilakukan hampir di setiap pohon dan tiang listrik di Kota Bogor maupun kawasan Puncak.

Kohar memulai usaha ini setelah beberapa tahun berkelana dari kota ke kota di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Dalam pengembaraannya, pria berperawakan gemuk besar ini mulanya hanyalah seorang tukang sulap pada pasar malam yang digelar secara sporadis (berpindah-pindah). Lihat Kostum Badut dan Desain Kostum.

"Rasanya lelah," kata Kohar, mengingat bagaimana kerjanya setiap ada pasar malam. Ia, misalnya, harus tinggal beberapa hari di dalam keramaian. Malam hari, ia mulai berpenampilan lain, seperti berpakaian jas hitam yang di bagian dalamnya dapat tersembunyi aneka peralatan untuk sekadar "menipu" para penontonnya. Tak lupa pula, ia mengenakan topi hitam kebesarannya sebagai tukang sulap.

Untuk sekali pertunjukan, ia mewajibkan penonton masuk dengan karcis. Ia mengaku, kalau lagi mujur, setiap malam bisa mengantungi sekitar Rp 100.000. "Waktu itu, uang sebesar itu sudah amat besar meski saya masih harus membayar sewa tempat kepada panitia penyelenggara," ujarnya, sambil mengingat pertunjukan tunggal yang dilakukannya pada tahun 1995 (Badut Jakarta).

Meski memperoleh uang secukupnya (Badut Ulang Tahun), ia mengaku hatinya sering gelisah. Selama perjalanan itu, Kohar sering meninggalkan istri dan dua orang anaknya yang tinggal di Bogor. Keadaan ini semakin meresahkan manakala hujan lebat mewarnai pasar malam. Sudah sepi pengunjung, pertunjukan Kohar pasti tekor. Ia tetap harus membayar uang sewa pertunjukan, listrik, dan keamanan, meski penonton sepi.

Sumber: www2.kompas.com

Temukan informasi lainnya Kostum Badut - Baju Badut - Jual Kostum - Desain Kostum - Badut Ulang Tahun - Badut Ulang - Badut Jakarta - Jual Kostum Badut - Desain Kostum Badut dan Kostum Badut & Baju Badut: Jual Kostum & Desain Kostum Badut Ulang Tahun Jakarta hanya di 88db.com

No comments:

Post a Comment